Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran geografi
Dosen Pengampu : Singgih Prihadi, S.pd, M.Pd
Disusun Oleh :
ANA PANGESTI
|  | 
Jurnal
  1 
Effect of Computer-Based Video Games on Children: An Experimental Study | 
| 
Pendahuluan | 
1)      Anak-anak di Amerika
  Serikat tumbuh dengan menghabiskan jam setiap harinya untuk menonton
  televisi, video, menggunakan komputer dan bermain video game. Anak-anak
  sekarang mulai terkena tehnologi dan media pada usia yang jauh lebih muda
  daripada yang diperkirakan sebelumnya. Oleh karena itu penulis ingin meneliti
  tentang dampak teknologi dan media pada perkembangan anak-anak.  
2)      Bagian yang menarik
  pada jurnal ini terletak pada cara penulis megungkapkan permasalahan. Pada
  bagian pendahuluan awal dipaparkan fakta-fakta yang ada dan alasan mengapa
  penulis mengangkat suatu masalah. Pada bagian akhir penulis mengungkapkan
  permasalahan dalam bentuk poin. Hal ini memudahkan pembaca dalam memahami
  masalah apa yang diangkat penulis.  
3)      Letak original pada
  jurnal ini adalah terdapat Instructional
  material. Pada bagian ini dijelaskan topik yang akan diangkat untuk
  materi penelitian. Terdapat dua bahan materi yang berbeda yaitu intruksi
  untuk pembelajaran dengan komputer dan pembelajaran dengan video game
  berbasis komputer. 
4)      Bagaimana video game
  berbasis komputer dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas belajar. Bagaimana
  video game berbasis komputer dapat diintegrasikan kedalam desain
  instruksional.  | 
| 
Diskusi/ 
Pembahasan | 
1)      Hasil penelitian dibagi
  menjadi empat bagian yaitu: pilian ganda, matcing, aplikasi dan total skor
  post tes. Hasil pilian ganda menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan
  terhadap kelas eksperimen dan kontrol. Hasil matcing tidak terdapat perbedaan
  yang signifikan dengan kelas kontrol. Hasil aplikasi terdapat perbedaan yang
  signifikan, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi.
  Hasil post tes terdapat perbedaan yang signifikan, rata-rata skor kelas
  eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol. 
2)       Metode penelitian pada jurnal ini dijelaskan peserta
  penelitian, materi instruksi dan instruksi penelitian. Pada jurnal ini
  penulis menjelaskan penelitian terdiri dua kelas kontrol dan eksperimen yang
  diberi perlakuan sesuai dengan instruksi materi dan instruksi penelitian. | 
| 
Penutup | 
1)      Kesimpulan pada jurnal
  ini menjawab permasalahan yang terdapat pada pendahuluan yang terdiri dari
  dua masalah. Kesimpulan pertama yaitu berdasarkan hasil penelitian memberikan
  bukti bahwa penggunaan video game berbasis komputer dapat membantu dalam
  proses pembelajaran siswa. Kesimpulan kedua dengan video game berbasis
  komputer siswa dapat memperoleh manfaat dari bermain.  
2)      Jurnal  ini memberikan kontribusi yaitu video game
  berbasis komputer membatu siswa dalam pembelajaran. 
3)      Permasalahan yang
  ditulis pada bagian pendahuluan sudah terjawab semua pada bagian penutup. | 
|  | 
Jurnal
  2 
Playing to Learn: Game-Driven  Comprehension of Complex Content | 
| 
Pendahuluan | 
1)      Dalam ruang kelas tradisional, bagi siswa secara umum memiliki kesulitan belajar
  untuk memahami dan memecahkan masalah pelajaran dan
  menyelesaikan proyek-proyek yang diberikan oleh guru. Di  sisi  lain guru menganggap hal tersebut sebagai proses semacam simulasi kehidupan nyata. 
2)      Bagian yang menarik
  pada jurnal ini adalah tujuanl penulisan jurnal dicantumkan pada pendahuluan.
  Tujuan karya ini adalah untuk
  membuat laporan penggunaan permainan
  sebagai bantuan mengajar dalam bentuk permainan instruksional. 
3)      Pada bagian pendahuluan
  diungkapkan contoh yang semisal untuk memperjelas pembaca memahami apa yang
  akan disampaikan pada jurnal tersebut. 
4)      Masalah yang diangkat
  pada jurnal ini adalah bagaimana merancang permainan sebagai media mengajar
  menjadi permainan yang instruksional. | 
| 
Diskusi/ 
Pembahasan | 
1)      Solusi yang ditawarkan
  penulis pada jurnal ini adalah permainan disesuaikan dengan tugas rutin di
  kelas. Pertama, permainan adalah perangkat yang menarik untuk meninjau  konsep-konsep dalam membaca. Kedua,
  permainan dapat mencapai tujuan. Ketiga, permainan merupakan proses diskusi
  siswa untuk meningkatkan kepercayaan terhadap kemampuan siswa sendiri dengan
  demikian dapat menyelesaikan proyek-proyek.   
2)      Pada bagian pembahasan
  penulis menuliskan prosedur penelitian yang terdiri dari persiapan, pemberian
  tugas secara individu dan kelompok, mendiskusikan game instruksional,
  pelatihan game instruksional.  | 
| 
Penutup | 
1)      Pada bagian penutup
  menjawab permasalahan yang terdapat pada pendahuluan. Permainan instruksional
  dapat mengurangi kebosanan, menciptakan suasana kompetitif yang sehat,
  meningkatkan prestasi belajar dan menghasilkan ketegangan di dunia maya.  
2)      Kontribusi yang
  diberikan melalui jurnal ini adalah Permainan instruksional bidang pendidikan
  dapat diterapkan pada pendidikan formal.  
3)      Masalah pada bagian
  pendahuluan sudah terjawab semua pada bagian penutup. | 
|  | 
Jurnal
  3 
Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif  
(Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 Rao) | 
| 
Pendahuluan | 
1)      Media pembelajaran game
  edukasi sangat penting untuk menunjang pembelajaran terhadap siswa, terutama
  yang berhubungan pada mata pelajaran hafalan yaitu geografi. Selama ini media
  pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan guru mengajar menggunakan
  metode konvensional, sehingga proses pembelajaran yang tidak efektif ini
  dapat ditanggulangi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. 
2)      Metode perancangan yang
  dimulai dari perancangan blok diagram sistem dan perancangan flowchart sistem. 
3)      Metode perancangan
  aplikasi Game Edukasi terdiri dari consept,
  design, material collecting, assembly, testing dan, distribution. 
4)      Bagaimana merancang game edukasi untuk menunjang media pembelajaran
  di sekolah. Bagaimana menyajikan game edukasi secara interaktif. Bagaimana
  mempermudah proses pembelajaran pada mata pelajaran geografi. | 
| 
Diskusi/ 
Pembahasan | 
1)      Hasil rancangan tampilan merupakan
  rancangan aplikasi game edukasi. Tampilan rancangan inilah yang
  merealisasikan terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Hasil rancangan
  tampilan terdiri dari halaman intro awal, halaman intro akhir, halaman menu
  utama, halaman standar, halaman game level 1, halaman level 2, halaman level
  3, halaman materi, halaman bantuan dan halaman evaluasi.  
2)      Metode perancangan dimulai dari
  perancangan blok diagram sistem dan perancangan flowchart sistem. Perancangan sistem aplikasi game edukasi dimulai dari aplikasi game,
  kemudian tampilan Intro, tampilan ini merupakan layar yang ditampilkan
  beberapa saat sebelum tampilan menu utama dikeluarkan. Dimana pada tampilan
  menu utama terdapat pilihan submenu dari menu utama tersebut yaitu, standar
  kompetensi, game, materi, bantuan, evaluasi dan keluar. Pada flowchart, terdapat 6 pilihan submenu
  utama yaitu standar kompetensi, game, materi, bantuan, evaluasi dan keluar. | 
| 
Penutup | 
1)      Bagian kesimpulan sudah menjawab
  permasalahan yang tertulis di pendahuluan. Perancangan game edukasi  dilakukan untuk menunjang media
  pembelajaran di sekolah dengan cara belajar simulasi melalui game edukasi. Game edukasi dirancang
  dengan dengan unsur media yang terdiri dari teks, grafis, animasi, dan suara
  yang disajikan secara interaktif. Game edukasi  merupakan alternatif dan inovasi baru untuk
  mempermudah proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS bidang kajian Geografi
  Regional. 
2)      Jurnal  ini memberikan kontribusi game edukasi  sebagai alternatif dan inovasi baru untuk
  mempermudah  proses belajar siswa pada
  mata pelajaran IPS bidang kajian Geografi Regional. 
3)      Masalah sudah terjawa atau terselesaikan semua. Pada pendahuluan
  penulis tiga permasalahan dijawab semua pada bagian penutup atau kesimpulan.  | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar