Disusun Guna
Memenuhi Tugas Makul Managemen Sumber Belajar Geografi
Dosen Pengampu : Drs Sugiyanto., M.Si
disusun oleh: Ana Pangesti
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perpustakaan merupakan tempat dimana bahan pustaka
disimpan dan Perpustakaan sekolah adalah sarana dan prasarana yang diharapkan dapat
menunjang proses belajar mengajar di sekolah sehingga mendorong terwujudnya
kualitas pendidikan Indonesia yang berperan penting dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa. Keberadaan perpustakaan sekolah adalah untuk memenuhi
kebutuhan informasi bagi masyarakat lingkungan sekolah yang bersangkutan.
Perpustakaan berperan sebagai media dan sarana untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar ditingkat sekolah. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah merupakan
bagian integral dari program penyelenggaraan pendidikan tingkat sekolah.
Perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran dalam memajukan masyarakat
sekolah melalui ilmu pengetahuan dan informasi yang harus diwujudkan secara
efektif dan efisien, sehingga perpustakaan sekolah perlu merealisasikan misi
dan kebijakannya dalam memajukan masyarakat sekolah dengan penyelenggaraan
perpustakaan dengan baik dan benar.
Pada makalah
kali ini, penulis tertarik untuk
membahas tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMA Negeri
1 Surakarta.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana lokasi
perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMA Negeri 1 Surakarta?
2.
Apa saja jenis
koleksi perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta?
3.
Bagaimana sarana
dan prasarana perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui lokasi
perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMA Negeri 1 Surakarta.
2.
Mengetahui jenis
koleksi perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta
3.
Mengetahui sarana
dan prasarana perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Lokasi dan Denah SMA N 1 Surakarta
1.
Lokasi
SMA
Negeri I Surakarta berlokasi di Jalan Monginsidi No. 40 Banjarsari, Surakarta,
dengan batas-batas sebagai berikut :
a.
Sebelah Barat :
SMA Negeri 2 Surakarta
b. SebelahTimur :
Universitas Kristen Surakarta (UKS)
c. Sebelah
Utara :
SMP Kristen 3 Surakarta
d. Sebelah
Selatan :
Perkampungan penduduk.
Lokasi SMA Negeri 1 Surakarta berada di antara instansi pendidikan yang
lain, seperti SMA Warga, SMA Kristen Widya Pratama, SMA Kristen III, dll. Hal
ini menimbulkan suasana pendidikan yang kondusif untuk melaksanakan kegiatan belajar
menagajar (KBM).
A.
Koleksi Perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta
Menurut
Yusuf (2005: 9) jenis
koleksi perpustakaan sekolah terdiri dari: koleksi buku dan koleksi non
buku. Pada jenis koleksi buku dapat digolongkan atas dua bagian yaitu: buku non
fiksi yaitu buku yang ditulis berdasarkan fakta atau kenyataan alam, budaya,
kondisi sosial, sejarah dan lain sebagainya. Yang termasuk kedalam buku fiksi
adalah: buku ilmiah, ilmiah populer, informasi umum, dan informasi khusus,
termasuk kedalamnya buku teks yang merupakan suatu buku tentang suatu bidang
ilmu tertentu yang ditulis berdasarkan sistematika dan otraganisasi tertentu
sehingga memudahkan proses pembelajaran oleh guru maupun peserta didik, buku pelengkap
adalah jenis buku yang masih tergolong kepada jenis buku teks tetapi berfungsi
sebagai penunjang pelajaran atau penunjang buku teks, buku penunjang dikalangan
seolah sering disebut buku bacaan, atau bahkan ada yang menyebutnya sebagai
buku perpustakaan meskipun istilah ini kurang tepat. Contohnya: pustaka alam,
Mamalia Darat, Teknik Bertenak Ayam. Kemudian jenis koleksi buku berikutnya
adalah buku referensi atau rujukan.
Sementara koleksi bukan bahan buku adalah seperti (1) Majalah dan surat
kabar seperti majalah bobo dan majalah lainnya, (2) Pamflet yang berisi
permasalahan menarik dan hangat, (3) Brosur yang berisi ajakan, (4) Guntingan
surat kabar, (5) Gambar atau lukisan, (6) Globe, (7) Koleksi bahan bukan buku
lainnya. Seperti plakat, piala, kenang-kenangan, film, kaset video, dan lain
sebagainya.
Koleksi di perpustakaan perpustakaan terdiri dari:
a. a. Koleksi buku
dGambar
2 koleksi buku perpustakaan SMA N 1 Surakarta
Pada Gambar 2 tampak rak-rak tempat buku di pajang. Koleksi buku terdiri
dari buku mata pelajaran, buku fiksi, buku non fiksi, karya ilmiah ciptaan
peserta didik, kumpulan laporan-laporan dan umum.
Gambar 3 koleksi hasil karya peserta didik
Gambar 4 koleksi buku
mata pelajaran
b. Koleksi bukan buku
Gambar 5 koleksi surat
kabar
Perpustakaan SMA N 1
Surakarta setiap hari meng up date surat kabar. Hal ini membuat peserta didik
tidak tertinggal informasi yang terjadi di masyarakat baik lokal maupun
nasional. Selain surat kabar, perpustakaan juga dilengkapi dengan koleksi
majalah yang disesuaikan dengan peserta didik yaitu tingkat sekolah menengah
atas.
Mengenai ketentuan jumlah koleksi perpustakaan,
dapat mengacu pada pendapat Suherman (2009:75) yang mengatakan bahwa tidak akan
ada koleksi perpustakaan yang lengkap, yang ada adalah koleksi yang berdasarkan
pada kebutuhan. Standar yang dibuat oleh lembaga yang memiliki otoritas dalam
perpustakaan hanya menganjurkan jumlah minimal yang ideal yang harus dimiliki
perpustakaan sekolah.
Berdasarkan pendapat dapat disimpulkan bahwa
perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta sudah memenuhi standar kebutuhan bagi
peserta didik SMA Negeri 1 Surakarta.
A.
Sarana dan Prasarana perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta
Pemanfaatan perpustakaan sekolah
sebagai pusat sumber belajar harus memperhatikan sarana dan prasarana
perpustakaan sekolah dalam menunjang pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai
pusat sumber belajar di sekolah. Beberapa sarana yang harus diperhatikan adalah
(1) ruangan yang menurut Yusuf (2005: 96) untuk menghitung luas ruangan
perpustakaan sekolah, sesuai dengan ketentuan perpustakan Nasional RI, dihitung
3 m² untuk tiap peserta didik,
selanjutnya dikalikan 10,5 dari populasi sekolah yang bersangkutan. Salah satu
bagian yang penting dari sebuah ruangan adalah tata cahaya dan ventilasi.
Pengaturan cahaya di perpustakaan sekolah sangat penting diperhatikan.
Penyebaran cahaya yang tidak teratur dan intensitas cahaya yang tidak
terkontrol akan berpengaruh terhadap pelestarian koleksi dan kesehatan pemakai
perpustakaan. Cahaya dapat berasal dari dua sumber, yaitu cahaya dari sumber
alamiah (matahari), dan cahaya buatan (lampu). Sementara itu, pengaturan ventilasi yang
mengatur pertukaran udara dan pengaturan temperatur akan sangat berpengaruh
terhadap kesehatan manusia dan kelestarian bahan koleksi perpustakaan.
Pencahayaan pada perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan sumber
alamiah dan bantuan lampu. Selain pencahayaan, pertukaran udara pada ruang
perpustakaan juga perhatikan yaitu dengan memasang ventilasi. Kekurangan perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta terletak
pada ruang perpustakaan yang kurang luas. Hal ini disebabkan sempitnya lahan
SMA Negeri 1 Surakarta.
Pada perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta dilengkapi dengan komputer.
Gambar 6 komputer pada
perpustakaan SMA N 1 Surakarta
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat di simpulkan:
1.
Lokasi perpustakaan
SMA Negeri 1 Surakarta mudah diakses oleh peserta didik.
2.
Koleksi
perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta terdiri dari buku mata pelajaran, fiksi,
non fiksi, kumpulan karya peserta didik, majalah, surat kabar dan umum.
3.
Sarana dan prasarana
perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta memenuhi persyaratan pencahayaan dan
pertukaran udara.
B.
Saran
Koleksi pada perpustakaan SMA Negeri 1 Surakarta masih perlu di tambah
untuk lebih menarik minat peserta didik mengunjungi perpustakaan.
DAFTAR PUSTAKA
Cella, 2012. “Pemanfaatan
Perpustakaan Sekolah”. http:/www.annehira.com/pengertian-perpustakaan-sekolah.htm.
Diakses 2 Oktober 2015 .
Suherman. (2009). Perpustakan sebagai Jantung Sekolah.
Bandung: MQS Publishing.
Yusuf, M.Yusuf. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.
Jakarta: Kencana.