Sebuah catatan sederhana selama kuliah di pendidikan Geografi UNS,.. Semoga bermanfaat,..
Senin, 25 Februari 2013
Senin, 04 Februari 2013
Menunggu
Assalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh,...
hai sahabat bloger,
Apa kabar sahabat, semoga sehat selalu...
kali ini saya akan berbagi sedikit cerita, mungkin tidak terlalu menarik...tapi semoga dapat menambah sedikit informasi...
sesuai dengan judul yang saya tulis diatas, MENUNGGU,...
Ada apa dengan kata menunggu...
mungkin sobat sudah gak asing lagi dengan kata tersebut, bahkan sering menjalaninya, menunggu teman, menunggu pacar ketika janjian, menunggu jemputan de el el...
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang menunggu bagi mahasiswa,...
Mungkin kita belum merasakan susahnya mencari guru bagi SD,SMP dan SMA. Ketika cari guru ya... kita tinggal pergi ke kantor guru tak perlu janjian terlebih dahulu sebelum menemuinya...hampir setiap hari guru ada di ruangannya...
Berbeda sekali saat saya awal-awal menjadi mahasiswa... secara ya... kita masih cupu belum berpengalaman dan belum terbiasa...
saya mau berbagi pengalaman sedikit nih...
ketika saya mau minta tanda tangan KRS (kartu rencana study) kepada PA, saya harus menunggu berjam-jam. Padahal hanya minta tanda tangan doang loh... itu pengalaman menunggu saya yang pertama kali ketika jadi mahasiswa.
ketika saya mau minta tanda tangan KRS (kartu rencana study) kepada PA, saya harus menunggu berjam-jam. Padahal hanya minta tanda tangan doang loh... itu pengalaman menunggu saya yang pertama kali ketika jadi mahasiswa.
pengalaman lainnya, menunggu kuliah. Sering mahasiswa di PHP dosen, pasti bigung ya...maksud di PHP itu, contoh: hari senin ada 2 mata kuliah. Mata kuliah pertama jam 7 sampai jam 9, sedangkan matakuliah ke dua selang sampai jam satu siang. Ada mahasiswa yang memilih menunggu dikampus, ada yang pergi ke perpus, ngobrol bareng temen-temen, ada juga yang menunggu dikosan. Bagi mahasiswa yang rajin datang kekampus lagi setengah jam sebelum kuliah dimulai,..eh tergantung dosennya juga sih. Kalau dosennya on time, biasanya jarang mahasiswa yang datang terlambat. Setelah sampai kampus ternyata kosong. Gimana ya rasanya, pasti agak kesel karna dah menunggu lama. Namun seiring dengan berjalannya waktu karna hal itu sudah sering terjadi..mahasiswa menganggap itu adalah hal yang biasa.
Jika kamu tidak suka menunggu, maka jangan biarkan orang lain menunggumu,..
SO, disiplin waktu dengan membiasakan ON TIME
SO, disiplin waktu dengan membiasakan ON TIME
Mulailah dari diri kita sendiri....
wassalamu'alaikum warohmatullahiwabarokaatuh....
Minggu, 13 Januari 2013
LIBUR SEMESTER
tak terasa ya....kalau kita menjalani sesuatu dengan rasa senang, waktu begitu pat berjalan....kuliah semester satu dah menjadi kenangan dan sejarah awal dari sebuah kebebasan, karna tak lagi menyandang gelar siswa,...sekarang lebih keren dikit...hehe mahasiswa...
jangan bangga kalo hanya dengan status mahasiswa tanpa aktif organisasi dikampus,..buat apa IP tinggi...tapi tak bisa berbaur dengan teman2 lain dan masyarakat?????
biasanya mahasiswa yg aktif IPnya rendah, itu kan biasanya...gak salah kan kalo kita bikin perbedaan yang positif, IPnya tinggi dan aktivis kampus...keren kan....
Enaknya jadi mahasiswa libur semesteranya panjang,..hehe. Selain itu belajarnya santai, tapi jangan tanya kalau masalah tugas,... uhh.... melatih kita buat begadang.
Semester satu tlah ku lewati. Banyak pengalaman seru yang ku dapatkan. Mungkin bisa dibilang semester satu adalah proses penyesuaian diri. So,.. klo temen-temen merasa belum puas di semester awal, tak perlu kecewalah... Ambil saja hikmahnya, jadikan semester awal sebagai lonjakan semangat semester berikutnya. Dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan di semester awal.
Libur panjang itu enak, tapi ada gak enaknya juga kalo selama liburan hanya jadi orang rumahan tanpa ada aktivitas. Kamu bisa berbisnis atau kerja part time selama liburan,..lumayan kan bisa nambah uang jajan. Kalau gak, bagi mahasiswa keguruan bisa ngelesin, sekalian belajar mengajar juga loh....
Banyak pilihan yang dapat kamu pilih untuk mengisi liburan semester perdanamu.
SELAMAT BERLIBUR......
HAVE A NICE YOUR HOLIDAY.... :)
Enaknya jadi mahasiswa libur semesteranya panjang,..hehe. Selain itu belajarnya santai, tapi jangan tanya kalau masalah tugas,... uhh.... melatih kita buat begadang.
Semester satu tlah ku lewati. Banyak pengalaman seru yang ku dapatkan. Mungkin bisa dibilang semester satu adalah proses penyesuaian diri. So,.. klo temen-temen merasa belum puas di semester awal, tak perlu kecewalah... Ambil saja hikmahnya, jadikan semester awal sebagai lonjakan semangat semester berikutnya. Dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan di semester awal.
Libur panjang itu enak, tapi ada gak enaknya juga kalo selama liburan hanya jadi orang rumahan tanpa ada aktivitas. Kamu bisa berbisnis atau kerja part time selama liburan,..lumayan kan bisa nambah uang jajan. Kalau gak, bagi mahasiswa keguruan bisa ngelesin, sekalian belajar mengajar juga loh....
Banyak pilihan yang dapat kamu pilih untuk mengisi liburan semester perdanamu.
SELAMAT BERLIBUR......
HAVE A NICE YOUR HOLIDAY.... :)
Minggu, 16 Desember 2012
Akhir Tahun..
semester satu akan segera berakhir,..itu artinya liburan sudah menanti didepan mata,...
namun, sesuatu yang menyenangkan pasti tidak gratis begitu saja..
seperti saat ini menjelang liburan tugas dan UK numpuk semua di belakang...
gpp deh ibarat bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian...
OK I HAVE TO SPIRIT DO ALL THIS...
FIGHTING!!!!
Kamis, 06 Desember 2012
TERJEBAK HUJAN
lagi-lagi terjebak hujan. untungnya terjebak ditempat yang nyaman, di masjid NH UNS. dan bawa lepi....
seharusnya tadi olahraga, tapi karna hujan deras tiba-tiba...olahraga dibatalkan...
kayaknya doa temen2ku sejak pagi yang mengharapkan hujan biar gak jadi olahraga,..termasuk q didalamnya...hehe
hujan semakin deras...mudah2an segera reda,..jadi q gak kemalaman pulangnya,,,
suasana di masjid NH saat ini bisa dibilang rame, kebanyakan mereka bernasib sama sepertiku...kejebak hujan gak bisa pulang...nunggu hujan reda. sambil menunggu hujan reda...kebanyakan dari mereka OL, tapi tak sedikit juga yang mengerjakan tugas atau diskusi kelompok....inilah mahasiswa....
dulu tak pernah terpikir olehku bisa melanjutkan kuliah dan mempunyai status mahasiswa...
kuliah hanya mimpiku dari kecil yang tak banyak mendapat dukungan dari orang-orang terdekat, dengan alasan kondisi ekonomi keluargaku yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan kuliah...
impianku, kini terwujudlah sudah,..
kini q mempunyai status mahasiswa,...hampir satu semester q menyandang status mahasiswa, banyak pengalaman dan warna yang q dapatkan...seru deh kalo jadi mahasiswa,..ada suka dan dukanya..hehe
banyak suka pa dukanya ya....
tunggu cerita2 dan curcol2ku selanjutnya...
makasih dah mau baca ceritaku...
Rabu, 05 Desember 2012
MENUNGGU JAM KULIAH BERIKUTNYA
jam mata kuliah pertama dengan berikutnya selang waktunya lumayan lama untuk hari ini. menunggu sampai jam 1 siang nanti...
temen2 melakukan kegiatan mereka masing2...q memilih tempat yang tenang, mushola...
tapi kali ini q gak sendiri, ditemani banyak orang...tapi kebanyakan kelas B mereka sedang belajar ilmu tanah...
lets do the task!!!!
ngerjain makalah OR yuk...
ada yang mau bantuin ngerjain....
#berharap...
Sabtu, 01 Desember 2012
PELATIHAN JURNAL ILMIAH
"MELALUI JURNAL ILMIAH TINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITAS MAHASISWA"
Pembicara: Drs. Edi Suryanto, M.Pd
TEKNIK PENULISAN ARTIKEL DI BERKALA ILMIAH
PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
KATA KUNCI
Pembicara: Drs. Edi Suryanto, M.Pd
TEKNIK PENULISAN ARTIKEL DI BERKALA ILMIAH
PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
1. Jembatan antara penulis dng. pembaca maka
dibutuhkan teknik khusus. Penulis dituntut menulis
dengan gaya bahasa sendiri.
2. Suatu bentuk kontribusi keilmuan sehingga dapat
dipandang sebagai sarana promosi diri.
3. Harus memenuhi tiga unsur, yaitu: (a) logika ilmu
yang tepat; (2)
bahasa yang jelas, lugas dan komunikatif; (3) sesuai
aturan jurnal
yang akan disasar.
4. Menaati konvensi bidang ilmu yang ditekuni dengan
berpedoman
pada jurnal ilmiahnya/gaya selingkung jurnal.
PENULISAN JUDUL
Judul merupakan bagian awal artikel, sebelum pemba-ca membaca keseluruhan isi
artikelnya.
@Harus khas/berdaya pikat, singkat, informatif, komunikatif, dan mampu
@Harus khas/berdaya pikat, singkat, informatif, komunikatif, dan mampu
menggambarkan keseluruhan isi artikel. Disarankan judul antara 12 – 20 kata, tetapi
tetap mencerminkan isi dengan pas.
@Judul yang singkat seringkali kurang dapat menggambarkan isi artikel. Sebaliknya, judul yg panjang sering mengaburkan isi artikel.
Judul yang panjang dengan tetap mempertahankan kejelasan makna judul maka
dapat dibuatkan subjudul.
@Hindari singkatan dan tidak ada penambahan nama latin yang bersifat umum
@Hindari singkatan dan tidak ada penambahan nama latin yang bersifat umum
@Hindari pemuatan kata-kata umum, seperti: penelaahan, studi, pengaruh, hubungan, survei, kajian.
@ Disarankan menonjolkan dan menempatkan kata kun-ci yang paling penting dan khas.
@ Disarankan menonjolkan dan menempatkan kata kun-ci yang paling penting dan khas.
Hal ini dimasudkan untuk memudahkan pelayanan penelusuran pustaka.
Penempatan kata kunci memiliki nilai tambah, yaitu: (1) membantu pembaca
mendapatkan gambaran isi ar- tikel dengan mudah dan cepat, (2) merangsang pembaca
menjadi pembaca aktif.
JUDUL KURANG BAIK
Sangat pendek (Psikoanalisis), atau amat umum
(Dilema Konsep Seni) sehingga tidak bermakna, apalagi jika semua orang sudah
tahu
Menggunakan subjudul bertele-tele yang
sebenarnya tidak diperlukan (Tradisi Hagiografi Sufi Yasawi: Relasi Tasawuf dan
Politik – Pendekatan Sejarah dalam Studi Islam Kon-temporer menurut Devun
Dewees)
Terlalu jelimet dalam menunjukkan
segi-segi reniknya (Evaluasi Hasil Angket Pengembangan Minat Siswa terhadap
Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Berbasis Bahan Ajar di Kelas
3 SD Negeri 1 Kleco, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah,
Tahun Pelajaran 2012/2013)
Tidak efektif karena tidak mudah/segera dipahami
(Penciptaan Bahan Baku Gerabah Seni dengan Meman-faatkaan Limbah Bahan Campuran
dengan Teknik Pengolahan Silinder Guna Meningkatkan Kualitas Bahan Baku dan
Efisiensi Produk)
Klise (Pengaruh...., Studi...., Analisis....,
Hubungan...., Kajian...., Pengamatan pada....)
Menyebutkan nama ilmiah makhluk (seperti: padi,
karet, kelapa sawit, gurami) yang sudah sangat terkenal
NAMA PENULIS DAN
ALAMAT
Dalam artikel berisi dua unsur,yaitu: nama penulis dan nama lembaga/unit
kerja lengkap dengan
alamatnya.
Nama penulis tidak dilengkapi dengan pangkat, kedu- dukan dan gelar akademik. Penulis lebih dari satu orang, semuanya ditulis lengkap, tidak menggunakan singkatan dkk., atau et.al., dan lain-lain.
Penulisan nama penulis berkait dengan tanggungja-wabnya terhadap isi artikel. Karenanya, penulisan se-tiap nama penulis, harus harus sepengetahuan dan seizin penulis bersangkutan. Pencantuman urutan na-ma penulis dapat menjadi unsur pelik dan menjadi sumber sengketa
Di jurnal ilmiah, ketua peneliti/penulis utama ditem-patkan pada urutan pertama, urutan berikutnya ang-gota. Penulis dari lembaga berlainan, alamat lembaga masing-masing harus dicantumkan.
Artikel dari skripsi/tesis/disertasi, mahasiswa penulis-nya lazimnya sebagai penulis pertama, sedangkan pembimbing sebagai penulis kedua/terakhir. Pembim-bing lebih bertindak sebagai promotor untuk mem-promosikan mahasiswanya pada masyarakat ilmiah.
Penulis korespondensi tidak selalu penulis utama. Pe-nulis korespondensi bertanggung jawab atas semua korespondensi serta perbaikan artikel.
Penulisan nama bervariasi, tetapi penulis hendaknya taat azas menuliskan namanya, khususnya yang tidak memiliki nama keluarga/marga/ baptis.
Nama penulis konsisten baik bentuk dan pengejaannya
Alamat lembaga/rumah ditulis dan lengkap, perlu di-sertakan nomor telepon, faksimile, dan e- mail, untuk korespondensi dengan pembaca/ilmuwan lain.
Taat asas dalam menuliskan nama, khususnya mereka yang tidak memiliki nama keluarga.Jangan seperti ini:
Djohara Djajadinata
Djajadinata, Djohara
Johara Jayadinata
Jayadinata, Johara
Johara Dj.
Djohara Dj.
Djohara J.
Johara J.
Nama penulis tidak dilengkapi dengan pangkat, kedu- dukan dan gelar akademik. Penulis lebih dari satu orang, semuanya ditulis lengkap, tidak menggunakan singkatan dkk., atau et.al., dan lain-lain.
Penulisan nama penulis berkait dengan tanggungja-wabnya terhadap isi artikel. Karenanya, penulisan se-tiap nama penulis, harus harus sepengetahuan dan seizin penulis bersangkutan. Pencantuman urutan na-ma penulis dapat menjadi unsur pelik dan menjadi sumber sengketa
Di jurnal ilmiah, ketua peneliti/penulis utama ditem-patkan pada urutan pertama, urutan berikutnya ang-gota. Penulis dari lembaga berlainan, alamat lembaga masing-masing harus dicantumkan.
Artikel dari skripsi/tesis/disertasi, mahasiswa penulis-nya lazimnya sebagai penulis pertama, sedangkan pembimbing sebagai penulis kedua/terakhir. Pembim-bing lebih bertindak sebagai promotor untuk mem-promosikan mahasiswanya pada masyarakat ilmiah.
Penulis korespondensi tidak selalu penulis utama. Pe-nulis korespondensi bertanggung jawab atas semua korespondensi serta perbaikan artikel.
Penulisan nama bervariasi, tetapi penulis hendaknya taat azas menuliskan namanya, khususnya yang tidak memiliki nama keluarga/marga/ baptis.
Nama penulis konsisten baik bentuk dan pengejaannya
Alamat lembaga/rumah ditulis dan lengkap, perlu di-sertakan nomor telepon, faksimile, dan e- mail, untuk korespondensi dengan pembaca/ilmuwan lain.
Taat asas dalam menuliskan nama, khususnya mereka yang tidak memiliki nama keluarga.Jangan seperti ini:
Djohara Djajadinata
Djajadinata, Djohara
Johara Jayadinata
Jayadinata, Johara
Johara Dj.
Djohara Dj.
Djohara J.
Johara J.
Þ indeks nama penulis: abjad dan urutan yang
berbeda-beda Þ merugikan penulis
Alamat diperlukan untuk maksud korespondensi (penting untuk redaktur dan pembaca)
Lengkapi alamat setiap penulis (alamat pos, e-mail), bisa ditulis dalam catatan kaki
Kelaziman sekarang menuliskan alamat surat dan alamat e-mail
untuk mahasiswa pascasarjana, tuliskan nama perguruan tinggi tempat studi dan lembaga asal (jika ada)
Alamat diperlukan untuk maksud korespondensi (penting untuk redaktur dan pembaca)
Lengkapi alamat setiap penulis (alamat pos, e-mail), bisa ditulis dalam catatan kaki
Kelaziman sekarang menuliskan alamat surat dan alamat e-mail
untuk mahasiswa pascasarjana, tuliskan nama perguruan tinggi tempat studi dan lembaga asal (jika ada)
TANGGAL/GENESIS NASKAH
Di bawah nama dan alamat pada beberapa jurnal dituliskan tanggal
penerimaan naskah oleh penerbit diikuti tanggal naskah disetujui untuk
dipublikasikan.
[Diterima 1 Februari 2010/Disetujui 8 Februari 2010]
[Diterima 1 Februari 2010/Disetujui 8 Februari 2010]
Penulisan ini dimaksudkan untuk
menegaskan siapa yang berhak
sebagai penemu pertama bila kelak
tim- bul sengketa mengenai siapa penemu/peneliti yang me-publikasikan
pertama kali pada masyarakat ilmiah.
Memberikan informasi waktu
yang diperlukan untuk memproses naskah sejak diterima sampai
dipublikasi- kan serta kinerja pengelola jurnal ilmiah tersebut.
PENCANTUMAN NAMA PENULIS DAN LEMBAGA
Di bawah nama dan alamat pada beberapa jurnal dituliskan tanggal
penerimaan naskah oleh penerbit diikuti tanggal naskah disetujui untuk
dipublikasikan.
[Diterima 1 Februari 2010/Disetujui 8 Februari 2010]
[Diterima 1 Februari 2010/Disetujui 8 Februari 2010]
Penulisan ini dimaksudkan untuk
menegaskan siapa yang berhak
sebagai penemu pertama bila kelak
tim- bul sengketa mengenai siapa penemu/peneliti yang me-publikasikan
pertama kali pada masyarakat ilmiah.
Memberikan informasi waktu yang diperlukan untuk memproses naskah sejak diterima sampai dipublikasi- kan serta kinerja pengelola jurnal ilmiah tersebut.
Memberikan informasi waktu yang diperlukan untuk memproses naskah sejak diterima sampai dipublikasi- kan serta kinerja pengelola jurnal ilmiah tersebut.
ABSTRAK
Abstrak merupakan ringkasan lengkap
dan menjelas- kan keseluruhan isi
artikel. Umumnya disajikan dalam satu paragraf dan disarankan tidak lebih 200
kata.
@Penulisan
abstrak yang baik perlu dipertimbangkan karena abstrak merupakan bagian artikel yang dibaca setelah
judul. Dibaca tidaknya suatu
artikel tergan-tung pada kesan
yang diperoleh pembaca pada saat membaca abstraknya.
@Abstrak dalam bahasa
Inggris merupakan hal
yang mutlak harus ada (persyaratan dalam akreditasi).
@Abstrak harus bersifat informatif dan deskriptif. Arti- nya, setiap informasi yang terkandung pada abstrak harus berdasarkan fakta.
@Abstrak harus mengandung empat unsur, yaitu: (1) ar-gumentasi logis dilakukan observasi/penelitian untuk memecahkan masalah, (2) pendekatan untuk meme-cahkan masalah (metode), (3) hasil dan pembahasan, dan (4) simpulan dan saran (IMRAD: introduction, methods, results, and discussions). Setiap unsur diung-kapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas sehing-ga abstrak tidak terlalu panjang.
@Usahakan pembaca dapat menangkap isi artikel tanpa harus mengacu ke artikel lengkapnya. Karena itu, ab-strak harus disusun secara lengkap, ringkas, cermat, objektif, dan cendikia.
@Pelayanan abstrak (abstracting service) menyukai ab-strak pendek karena secara langsung dapat mengutip keseluruhannya. Abstrak yang panjang biasanya akan dipenggal supaya menjadi pendek. Pemenggalan ini se-ringkali kurang memperhatikan detil isi sehingga da-pat mengaburkan makna abstrak keseluruhan. Tentu, hal ini merugikan penulis dan pembaca menjadi ku-rang berkenan membaca karena maknanya kabur.
@Abstrak tidak mengandung pustaka dan penunjukan gambar, tabel, dan ilustrasi. Data dalam abstrak, hen-daknya disajikan secara tepat sehingga pembaca tidak perlu mengacu pada gambar, tabel, ilustrasi, rujukan yang disajikan di dalam teks. Pada abstrak hindari pula penggunaan singkatan.
@Abstrak dalam bahasa Inggris dimaksudkan agar da-pat diakses oleh pembaca yang tidak berbahasa Indo-nesia.
@Abstrak bukan “Pengantar”.
@Abstrak harus bersifat informatif dan deskriptif. Arti- nya, setiap informasi yang terkandung pada abstrak harus berdasarkan fakta.
@Abstrak harus mengandung empat unsur, yaitu: (1) ar-gumentasi logis dilakukan observasi/penelitian untuk memecahkan masalah, (2) pendekatan untuk meme-cahkan masalah (metode), (3) hasil dan pembahasan, dan (4) simpulan dan saran (IMRAD: introduction, methods, results, and discussions). Setiap unsur diung-kapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas sehing-ga abstrak tidak terlalu panjang.
@Usahakan pembaca dapat menangkap isi artikel tanpa harus mengacu ke artikel lengkapnya. Karena itu, ab-strak harus disusun secara lengkap, ringkas, cermat, objektif, dan cendikia.
@Pelayanan abstrak (abstracting service) menyukai ab-strak pendek karena secara langsung dapat mengutip keseluruhannya. Abstrak yang panjang biasanya akan dipenggal supaya menjadi pendek. Pemenggalan ini se-ringkali kurang memperhatikan detil isi sehingga da-pat mengaburkan makna abstrak keseluruhan. Tentu, hal ini merugikan penulis dan pembaca menjadi ku-rang berkenan membaca karena maknanya kabur.
@Abstrak tidak mengandung pustaka dan penunjukan gambar, tabel, dan ilustrasi. Data dalam abstrak, hen-daknya disajikan secara tepat sehingga pembaca tidak perlu mengacu pada gambar, tabel, ilustrasi, rujukan yang disajikan di dalam teks. Pada abstrak hindari pula penggunaan singkatan.
@Abstrak dalam bahasa Inggris dimaksudkan agar da-pat diakses oleh pembaca yang tidak berbahasa Indo-nesia.
@Abstrak bukan “Pengantar”.
KATA KUNCI
Kata kunci adalah kata-kata yang mengandung konsep pokok yang dibahas
dalam artikel.
@Kata kunci dapat diambil dari thesaurus
bidang ilmu masing-masing.
@ Pilihlah kata kunci yang paling baik yang dapat mewa-kili topik yang
dibahas dalam artikel tersebut.
@Kata kunci penting dalam pengindeksan artikel dan dapat membantu keteraksesan tulisan ke pembaca me-lalui
pemindaian komputer di internet. Bila ingin men-cari suatu artikel dengan
membaca kata kunci, maka salah satu kata kunci yang ditulis dapat membuka ar-tikel tersebut.
@Jumlah kata kunci 3 - 5 kata dan cara pengurutannya dari yang spesifik ke yang umum dan ditulis dalam sa-tu baris.
@Jumlah kata kunci 3 - 5 kata dan cara pengurutannya dari yang spesifik ke yang umum dan ditulis dalam sa-tu baris.
@Kata kunci ditempatkan sesudah abstrak.
Contoh:
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR
SINTESIS KREATIF MELALUI BAHAN AJAR MODEL PETA KONSEP
Mintasih Indriayu*, Harini, dan Dewi
Merdekawati
Pendidikan Ekonomi, JPIPS FKIP UNS,
Jln. Ir. Sutami 36 A Surakarta
*Alamat korespondensi: Perum Bumi
Anugrah, Sapen, Mojolaban – Sukoharjo
E-mail: Indri@uns.ac.id,
HP 08122605619
Diterima 1 Februari 2010 dan
Disetujui 8 Februari 2010
Abstract: This research aim to describing
about: there is or not make-up ability cre-ative synthesis thinking of
Economic Program Study Education Students at FKIP UNS through development of
teaching material concept map model. The research method was CAR (Classroom
Action Research) by the two cycles. Location of re-search in Economic Education
Program, FKIP UNS. Result of research show that material teaching with concept
map model can develop ability students of creative synthesis thinking. This
situation can be seen that before using materials teaching with concept map
model, the ability students to release of ideas, formulating ideas with them
own language and to develop ideas still less were gratifying. But on the
contrary after applying materials teaching with concept map model at study
process of Introductory Economics can be seen the existence of make-up ability
students of creative synthesis thinking at all of its aspect.
Keywords:
thinking ability, creative synthesis
thinking, learning
materials, concept map model
PENDAHULUAN
@Biasanya tidak diberi judul, tetapi ada juga yang di-beri judul
@Antarkan pembaca pada inti pokok tulisan dengan membuat pernyataan masalah yang dihadapi secara jelas.
@Biasanya tidak diberi judul, tetapi ada juga yang di-beri judul
@Antarkan pembaca pada inti pokok tulisan dengan membuat pernyataan masalah yang dihadapi secara jelas.
Langganan:
Postingan (Atom)