(merangkum dari beberapa jurnal internasional)
Guru
yang baik dapat didefinisikan sebagai guru yang membantu siswa untuk belajar.
Guru mempunyai cara yang berbeda-beda dalam membantu siswa untuk belajar. Cara
tersebut dikenal dengan strategi. Strategi yang yang berpusat pada guru lebih
berfokus sebagai penyampai informasi. Sedangkan strategi yang berpusat pada
siswa lebih kepada perubahan dalam belajar siswa untuk mencapai hasil belajar
yang diinginkan dengan cara yang efektif.
Peran
guru yang baik adalah guru yang ikut terlibat berkontribusi terhadap
perkembangan yang terjadi pada pendidikan. Secara umum peran guru bertanggung
jawab atas rincian perencanaan kurikulum, isi program pengajaran dan strategi
pendidikan.
Tugas
guru yang utama adalah sebagai penyampai informasi, namun tidak kalah penting
selain sebagai penyampai informasi guru hendaknya berperan sebagai panutan
terkhusus bagi siswanya, sebagai fasilitator, sebagaai penilai, sebagai
perencana dan sebagai pengembang sumber daya.
Seorang
guru dapat dikatakan sebagai guru yang efektif apabila guru tersebut mempunyai
kualitas. Kualitas guru mencangkup aspek afektif, perilaku dan kognitif. Guru
yang berkualitas akan mampu memberikan pengaruh positif atau berkualitas pada
siswa.
Total
efektivitas guru melibatkan guru dan siswa. Efektifitas guru harus melibatkan
aspek perilaku, afektif dan kognitif dari semua guru dan siswa. Dalam proses
belajar mengajar melibakan kompetensi guru, kinerja guru, pengalaman siswa dan
hasil belajar siswa. Kompetensi guru meliputi kompetensi perilaku, afektif dan
kognitif. Kinerja guru adalah kinerja total guru yang merupakan kualitas
dinamis guru dalam proses pengajaran. Kualitas kinerja guru berhubungan secara
positif dengan kompetensi guru. Antara kompetensi guru dan kinerja guru dipengaruhi
oleh pengajaran eksternal misalnya faktor organisasi, kepemimpinan, lingkunggan
sekilah dan lain-lain. Pengalaman
siswa merupakan pengalaman belajar total siswa dilihat dari aspek perilaku, afektif dan kognitif.
Profesional
guru dapat dibentuk dan dikembangkan, karena profesional tidak terbentuk sejak
lahir. Sehingga guru yang belum profesional mempunyai kesempatan yang sama
untuk membentuk dan mengembangkan sikap profesional seorang guru. Pengembangan
profesional berhubungan dengan kinerja tinggi yang selalu terfokus dan melayani
strategi jangka panjang yang terencana dengan baik. Supaya efektif dalam
pengembangan profesional harus didasarkan pada strategi kurikuler dan
instruksional yang tinggi. Selain itu profesional harus (1) memperdalam
pengetahuan guru mata pelajaran yang diajarkan, (2) meningkatkan kemampuan
mengajar dikelas, (3) mengikuti perkembangan bidang individu dan pendidikan umum,
(4) menghasilkan dan menyuumbangkan pengetahuan baru ke profesi dan (5)
meningkatkan kemampuan untuk memonitor pekerjaan siswa, dalam rangka memberikan
umpan balik konstruktif kepada siswa dan tepat mengarahkan mengajar.
Yang
paling utama dalam pengembangan profesional harus fokus pada strategi
instruksional yang terbukti mempengaruhi kinerja siswa. Selain itu,
pengembangan profesional harus disampaikan dengan menggunakan strategi-strategi
yang membawa pada proses pengembangan profesional.
Karakteristik
guru profesional antara lain:
Ø Mendalami pengetahuan guru tentang mata pelajaran
Ø Mempertajam ketrampilan kelas
Ø Mengikuti perkembangan materi pelajaran dan
pendidikan secara umum
Ø Berkontribusi pengetahuan baru untuk profesi
Ø Meningkatkan kemampuan untuk memonitor pekerjaan
siswa
Ø Pusat pada materi pelajaran, kelemahan pedagogis
dalam organisasi, pengukuran kinerja siswa dan penyelidikan mengenai pertanyaan
profesional yang relevan secara lokal
Ø Mendukung interaksi antara guru-guru
Ø Memberikan kesempatan pada guru-guru untuk mencoba
hal baru dan menerima umpan balik dari teman-teman guru.
Ø Berlangsung dalam waktu yang lama
DAFTAR PUSTAKA:
Harden
dan Crosby. 2000. AMEE Guide No 20: The good teacher is more than a
lecturerÐ the twelve roles of the teacher. Carvax Publishing.Vol 22.No 4
lecturerÐ the twelve roles of the teacher. Carvax Publishing.Vol 22.No 4
Rubio, Chelo Moreno. 2009. EFFECTIVE
TEACHERS –PROFESSIONAL AND
PERSONALSKILLS. ENSAYOS. Nº24,2009,(35-46)
PERSONALSKILLS. ENSAYOS. Nº24,2009,(35-46)
Sandra.2003.Teacher Professional
Development: It’s Not an Event, It’s a Process.
CORD
CORD
Yin-cheong,CHENG.
Wai-ming,TAM. dan Kwok-tung, TSUI. 2002. New
Conceptions of Teacher Effectiveness and Teacher Education in the New
Century.Hong Kong Teachers’ Centre Journal.Vol. 1
Conceptions of Teacher Effectiveness and Teacher Education in the New
Century.Hong Kong Teachers’ Centre Journal.Vol. 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar