Minggu, 10 Maret 2013

Kuliah dan Organisasi


Apabila mahasiswa ditanya, apa yang diinginkan dari kuliah?
Sebagian besar dari merekamenginginkan bisa lulus cepat, agar bisa membahagiakan kedua orang tua mereka. Namun, dalam pelaksanaannya tidak semua lulus tepat waktu.
Apa sih penyebab mundurnya kelulusan beberapa tahun ato lulusnya telat? tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan telatnya lulus.

Pernah suatu hari saya pergi kekampus ketika sedang libur akhir pekan. Saya duduk di  shelter suatu tempat dimana tempat untuk menunggu kuliah berikutnya, untuk istirahat bisa juga dijadikan untuk tempat diskusi. waktu itu saya duduk di shelter bersama mba mba yang tidak saya kenal sebelumnya. Mba itu yang memulai menyapa dan membuka obrolan diantara kita yang asing satu sama lain. Tanpa saya tanya mba yang duduk disampingku, meceritakan kuliahnya, teman-temannya dan kehidupan sehari-hari. Untuk menghormati orang yang disebelah saya, saya tanya "mba sedang ngerjain skripsi ya?" mba itu tidak langsung menjawab to the poin, lagi-lagi diceritakan panjang lebar. Inti yang bisa saya tangkap dari mba disebelah saya, setiap orang mempunyai kemampuan belajar masing-masing yang berbeda, ada yang dengan cepat ada juga yang lambat harus diulang-ulang baru bisa memahami.
saya dengan hati-hati menanyakan, "mba semester berapa?" bukanya menjawab, tapi saya disuruh untuk menebak mba itu sudah semester berapa, saya asal menebak "mba angkatan 2008 bukan?" ternyata tebakan saya bener.
"saya kadang bosen mengerjakan skripsi terus, selain bosan saya  kadang-kadang mentok sampai disitu sudah gak bisa mikir lagi apa yang mau saya tulis" mba sebelah saya dengan nada rendah dan memelas,.. saya hanya manggut-manggut untuk menandakan respon dari saya. 

 Dari sepenggal cerita diatas terdapat faktor yang menyebabkan lulus lebih lambat dari teman-temannya, yaitu kemampuan belajar yang lebih lambat dari teman-temannya. Namun tak selamanya hal itu menjadikan penghalang bagi kita. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, kalau hal itu menimpamu, jangan biarkan hal itu menurunkan semangat belajar. Justru jadikan sebagai motivasi untuk lebih giat belajar dari pada temen yang lainnya.

Nah, klo yang satu ini ORGANISASI membuat mahasiswa lulus tidak tepat waktu atau lebih lambat.
Kakalu menurut saya semua kembali pada diri kita masing-masing. Kita harus pandai-pandai membagi waktu untuk kuliah dan organisasi.
Kuliah kalau hanya kuliah sangat disayangkan, karena di organisasi kita akan banyak mendapatkan pengalaman dan bekal kelak untuk kehidupan dimasyarakat langsung yang tidak kita dapatkan dibangku kuliah.
Banyak keuntungan yang kita dapatkan dari berorganisasi diantaranya, temen kita menjadi banyak tidak hanya berteman dengan satu prodi atau fakultas saja, tapi kita punya banyak teman dari beda fakutas bahkan beda universitas kalau kita ikut organisasi antar universitas. Selain itu Organisasi dapat mengasah soft skill, seperti PD berbicara di depan umum. Tidak sedikit mahasiswa yang masih mempunyai penyakit demam panggung loh... Nah klo kamu masih punya penyakit itu, cobalah ikut organisasi apapun. Tak perlu gengsi untuk memulai sesuatu yang baik. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca,...
sekian..

Tidak ada komentar: