Minggu, 10 Maret 2013

Apa Itu Geografi?




Geografi di UNS tidak belajar ilmu murni tapi lebih kepada pendidikan geografi. Karena tujuannya untuk menciptakan guru Geografi yang berkarakter kuat dan cerdas sesuai dengan jagoan FKIP. 

Sekilas tentang apa itu FKIP. FKIP itu kepanjangan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Intinya jurusan keguruannya UNS. Dibawah FKIP ada PMIPA dan PIPS. Geografi berada dibawah PIPS. 

Geografi belum terlalu banyak dikenal masyarakat. Pernah ada suatu mahasiswa Geografi yang kuliah di Universitas x di tanya oleh tetangganya, "kuliah jurusan apa mba?" pertanyaan yang diajukan si tetangga. Kemudian mahasiswa itu menjawab, "di jurusan geografi". "Emang ada ya jurusan geografi, ko gak pernah dengar?" jawab si tetangga dengan jujur. Perasaan sedih melanda pada si Mahasiswa universitas x. 
Pengalaman serupa juga pernah sih..dialami saya. Saya berfikir, mungkin peran mahasiswa geografi belum terlihat secara nyata di masyarakat, tidak seperti bidang-bidang lain yang sudah dikenal masyarakat luas.

Awalnya saya juga tidak tahu kalau ada jurusan geografi, begitu juga dengan temen-temen SMA saya. Jurusan faforit temen-temen SMA saya waktu itu seperti kedokteran, tehnik, ekonomi, Fisip, tak ada yang melirik geografi termasuk saya waktu itu. Namun menjelang akhir saya menimbang-nimbang resiko jika saya mengambil  jurusan-jurusan yang banyak diminati kemungkinan diterima bagi saya kecil, akhirnya saya mencari-cari jurusan yang greednya dibawah jurusan favorit.Saya melirik geografi. Alhamdulillah saya diterima di geografi UNS. 

Ternyata persepsi saya tentang geografi salah. Geografi itu menyenangkan, dalam geografi kita akan mempelajari fenomena-fenomena alam yang kita alami. Luas banget kan belajarnya,... untuk membedakan dengan ilmu-ilmu lain dalam mempelajari geografi menggunakan pendekatan diantaranya pendekatan keruangan, ekologi dan kompleks wilayah.
Selain itu, geografi juga sering belajar di lapangan, jadi sering jalan-jalan deh...hehe

Pengin tahu gak apa saja yang dipelajari di Geografi,...

Pengantar Geografi, pada mata kuliah ini kita dikenalkan dengan geografi, sesuai dengan namanya. Meteorologi dan Klimatologi atau biasa disingkat dengan Metklim, mempelajari cuaca dan iklim. Bedanya dengan di SMP dan SMA, di bangku perkuliahan dibahas lebih dalam dan diterapkan dalam fenomena-fenomena sehari-hari. Ada juga Geografi Tanah, Ilmu Tanah pastinya mempelajari tentang tanah, Geologi Dasar mempelajari fenomena alam di dalam perut bumi. Ternyata di dalam perut bumi terdapat cairan yang sangat panas dalam ilmu geografi disebut dengan magma. Magma dapat naik kepermukaan bumi melalui fenomena gunungapi. Selain fenomena alam geografi juga mempelajari manusianya. seperti yang telah dijelaskan diatas yang membedakan geografi dengan ilmu lainnya adalah dari sudut pandang pendekatannya. Dan masih banyak lagi yang dipelajari di geografi.



Sampai disini dulu ya... sobat pembaca...
semoga tulisan ini dapat memberi sedikit manfaat.. :)

7 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih sangat bermanfaat

pangesti mengatakan...

sepertinya dek rizky tertarik dengan geografi ya?
salam kenal,.. :D

Nora Amalia mengatakan...

aku pengen nanya2 dong kakk tentang kalo mau masukk ke jurusannya apa aja yg harus dipelajari:3 so excited with this oneee

Rusnawati ifamut mengatakan...

Ngak salah pilih fakultas geografi

Unknown mengatakan...

Hehe

Dian Kurniastuti mengatakan...

Kakak sekarang sudah kerja dimana??

Richard Sihombing mengatakan...

Jurusan geografi apakah akan jadi guru?