Senin, 06 Mei 2013

FAKTOR PRODUKSI SEBAGAI FAKTOR LOKASI


    A.      Pendekatan Sistem Manufaktur

Faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi hampir setiap pendirian manufaktur dapat dianggap sebagai bagian dari sistem yang sederhana. Sebuah sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan komponen dengan satu set hubungan antara mereka. Contoh yang paling jelas bagi sebagian besar pembaca akan menjadi sistem air panas dari rumah mereka. Sebuah sistem adalah benar-benar cara thiking tentang hal-hal, tidak hanya menekankan keutuhan lingkungan, tetapi juga saling ketergantungan dari berbagai komponen sistem.
Keindahan pendekatan sistem adalah bahwa hal itu berlaku untuk semua tingkatan skala. Dalam buku ini, misalnya, sistem dapat diilustrasikan dengan contoh-contoh di tingkat perusahaan individu (halaman 21) dan industri individu (halaman 70) ke kota (halaman 162) dan daerah (halaman 139).

    B.     Factors mempengaruhi lokasi industri manufaktur

1.      Modal
Dengan modal yang dimaksud tidak hanya modal finansial, tetapi peralatan modal tetap seperti pabrik, mesin dan bangunan. Modal tetap sangat penting sebagai faktor yang mempengaruhi lokasi kini industri, karena bangunan dan modal sosial (rumah yaitu, sekolah) yang tidak mudah dihapuskan dan dengan demikian cenderung melanggengkan daerah industri, meskipun penghuni asli dari pabrik mungkin telah lama hilang.
Inersia industri seperti berarti bahwa daerah industri dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun meskipun faktor lokasi daerah yang menyebabkan perkembangan awal mereka mungkin telah usang oleh kemajuan tecnological. Industri inersia klasik digambarkan oleh besi Inggris dan industri baja. Dalam industri skala besar seperti ini, telah sering merasa disarankan untuk memperbarui pabrik yang ada dan peralatan daripada membangun pabrik baru di lokasi yang berbeda.

2.      Tanah
Dalam arti luas, tanah terdiri dari tanah, mineral dan iklim-dengan kata lain, lingkungan alam atau endownment alami permukaan bumi. Sementara sebelumnya di Dunia Barat, dan di beberapa bagian dunia saat ini 'keterbelakangan' yang disebut, lingkungan sangat dipengaruhi respon manusia, sering sekarang kasus orang mempengaruhi lingkungan mereka daripada sebaliknya. Hari ini secara teknis mungkin untuk membuat pabrik mactch-tongkat yang berlokasi di Sahara Desert-jika seseorang siap untuk mengatasi biaya lingkungan yang terlibat. Apa yang cenderung terjadi, bagaimanapun, adalah bahwa pengusaha tidak diatur di lokasi yang mahal kecuali benar-benar diperlukan, itu adalah biaya yang terlibat, dan bukan lingkungan dari Sahara, yang menghambat mereka.
Dengan kata lain, sebagai teknologi meningkatkan kendala fisik mantan menjadi kurang signifikan.

a.       Situs untuk industri
Kebutuhan lahan sangat bervariasi antara industri f jumlah besar yang berbeda. Sebuah plot kecil untuk sebuah lokakarya mempekerjakan dua orang mungkin hanya beberapa meter persegi. Di sisi lain, pabrik yang mengambil ruang lebih sejak pengembangan conveyor belt tecnology nikmat bangunan satu lantai. Selain itu, peningkatan penggunaan mobil untuk perjalanan untuk bekerja membutuhkan ruang besar untuk parkir mobil. Bentuk tanah, oleh karena itu, sebagian harus mengontrol lokasi dan biaya perusahaan individu dan akibatnya keputusan tentang lokasi.

b.      Faktor fasilitas
Tanah dapat mempengaruhi industri dengan cara lain. Industrialis semakin harus berbaur tanaman mereka ke lanskap untuk tujuan lingkungan, dan pelestarian fasilitas untuk masyarakat dapat tercermin dalam meningkatnya biaya bagi perusahaan. Dalam kasus kilang minyak yang telah dipaksa untuk mencari di situs deepwater karena meningkatnya ukuran kapal tanker, lingkungan dipilih untuk lokasi yang sering keindahan alam yang luar biasa, seperti Milford Haven di selatan-barat Wales di mana banyak daerah sekitar salah satu terminal terbaik Inggris deepwater tanker berada dalam Taman Nasional.

c.       Tanah sebagai kekayaan
Salah satu alasan utama mengapa tanah penting untuk manufaktur sebagai faktor produksi adalah bahwa, dalam arti luas, memberikan kekayaan dalam bentuk mineral. Mineral yang perlu pengolahan sebelum mereka menjadi layak beli dapat menarik pengolahan tanaman untuk mereka jika mereka besar atau kehilangan sebagian besar berat badan mereka dalam proses produksi.

d.      Tanah sebagai penyedia listrik
Karena lahan juga menyediakan berbagai bentuk energi untuk keperluan industri ini, juga bisa menjadi faktor lokalisasi untuk estsblishments industri.
1)      Air menyediakan sumber daya siap selama berabad-abad dan manusia menanggapi dengan memilih lokasi industri dekat dengan cepat mengalir sungai yang memberikan energi untuk menggerakkan pabrik dan mesin.
2)      Dampak Batubara dalam bentuk apa yang disebut Karbon kapitalisme pertama kali dirasakan di Inggris menjelang akhir abad kesembilan belas.
3)      Minyak penyulingan pada skala nasional merupakan industri bahan baku berorientasi, kilang yang terletak terutama di lokasi Tidewater. (Perhatikan bahwa pada skala dunia industri adalah berorientasi pasar, yang terletak terutama di pasar dan tidak di negara produsen minyak-dengan pengecualian.)

e.       iklim
Hal ini dimasukkan di sini sebagai bagian dari 'lingkungan alam' meskipun tidak begitu mudah untuk menilai pentingnya iklim sebagai faktor lokasi industri.
Amerika Utara iklan menunjukkan bagaimana iklim industri untuk keuntungan mungkin bertepatan spasial dengan iklim fisik yang menguntungkan.

3.       Tenaga Kerja
Seperti tanah, tenaga kerja bervariasi secara spasial dalam kualitas dan kuantitas. Hal ini juga bervariasi dalam biaya, dalam kemampuannya dan reputasi untuk militansi. Untuk beberapa industri biaya tenaga kerja membentuk proporsi yang sangat tinggi dari biaya total dan, jika biaya bervariasi dari satu tempat ke tempat, dapat memberikan pengaruh yang kuat locational. Industri lainnya, mempekerjakan beberapa pekerja, mungkin padat modal sehingga kurang terkait dengan sumber tenaga kerja.

a)      Sifat dari tenaga kerja lokal wilayah perkotaan besar prossessing tenaga kerja dengan berbagai keterampilan mungkin tampak lokasi yang lebih tepat untuk sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang besar daripada akan sebuah kota kecil.
b)      Biaya tenaga kerja merupakan variabel spasial meskipun adil untuk mengatakan bahwa pembentukan serikat buruh nasional telah secara signifikan mengurangi kesenjangan antar daerah.
c)       Buruh mobilitas dapat dibagi menjadi mobilitas spasial dan pekerja mobilitas ekonomi menjadi kurang bergerak antara tempat-tempat dibandingkan antara pekerjaan. Di banyak daerah industri tua di mana pekerjaan tradisional pada pekerja penurunan harus ekonomis ponsel jika ingin tetap dalam pekerjaan.

4.        Kemampuan Berwira usaha
Menyiapkan pabrik adalah bisnis yang berisiko. Ada chane bahwa bisnis tidak akan pernah turun tanah dan investasi keuangan mungkin akan hilang untuk selamanya. Kemampuan pengusaha yang (orang koordinasi dan pengendalian faktor-faktor produksi lainnya, yang sering membuat annovations industri besar dan perubahan) untuk mengambil risiko atau menolak mengambil resiko pada suatu titik dalam ruang dan waktu seringkali dapat membuat banyak perbedaan untuk operasi (atau bahkan kelangsungan hidup) dari suatu perusahaan. Seperti tanah tenaga kerja dan keterampilan modal usaha bervariasi dari satu tempat ke tempat.

5.       Pasar
Sebagai Penarik bahan baku dan sumber energi lokal telah menurun sebagai faktor lokasi, pasar telah secara bertahap menjadi lebih penting sebagai faktor dalam lokasi industri modern. Sejauh ini kita telah berkonsentrasi pada lokasi dan qualiies berbagai masukan produsen sebagai pengaruh pada lokasi pabrik. Kita sekarang harus memperkenalkan lokasi pelanggan potensial, pasar. Karena pelanggan untuk barang-barang manufaktur yang tidak merata di seluruh permukaan daerah tersebut, perbedaan dalam kekuatan pasar tampaknya paling mungkin untuk mempengaruhi lokasi industri. Hal ini bahkan lebih jelas terjadi ketika seseorang diingatkan bahwa tenaga listrik yang ditemukan hampir di semua tempat dan bahwa inpuss banyak dengan mudah dan murah diangkut.

6.       Transport
Menghubungkan masukan, pengolahan plantand pasar adalah faktor yang sangat penting transportasi. Memang transportasi muncul begitu penting bagi beberapa perusahaan bahwa itu adalah pemikiran hampir senilai lain sebagai faktor produksi. Setelah semua, kita lihat di gambar. 2.1 bahwa semua perusahaan perlu untuk mengangkut produk jadi mereka ke pasar. Kita akan membahas pertanyaan ini dalam bab berikut tetapi pada tahap ini kita dapat mencatat bahwa banyak perusahaan biaya produksi yang lebih penting dibandingkan dengan transportasi.

#menterjemahkan sendiri dari buku secound Edition The Location of Manufacturing Industry

maaf apabila terjemahannya tidak nyambung dan sulit dipahami,..
 
semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca blog ini....

terimakasih atas kunjungannya,.. :)

Tidak ada komentar: