Senin, 07 Oktober 2013

Model Weber

C. Studi Kasus


1. Kennelley-studi dari industri baja Meksiko

The American geografi, R.A. Kennelley, berusaha untuk menguji kegunaan Varignon frame, model Weber, dan model Weber dirumuskan, dalam memprediksi lokasi industri baja Meksiko.

Di Meksiko industri baja pada saat studi dipusatkan di kota Monterrey. Distribusi dan relatif berat input pasokan dan lokasi pasar diketahui, jadi itu tidak sulit, dengan perhitungan cermat, untuk menemukan titik minimum biaya transportasi.

Apakah frame Varignon memprediksi bahwa industri itu Monterrey? Kennelley menyiapkan alat yang terdiri dari papan dengan peta Mexico dipasang di atasnya. Lubang dibor melalui peta dan papan di pasokan berbagai titik pasar. Berat sesuai dengan pasokan pasar beban ditangguhkan di senar dengan panjang yang sama berjalan melalui lubang-lubang di papan dan senar bergabung dalam simpul di atasnya. Simpul itu bebas bergerak ke segala arah, gesekan yang dikurangi dengan menggunakan bantalan kaca.


Kennelley kemudian decited untuk membangun sebuah peta isodapane dan dengan demikian menguji posisi teoritis dari industri berdasarkan prinsip Weberian. Pembaca mungkin ingat bahwa nilai isodapane didasarkan pada bobot dan jarak. Dengan demikian, Kennelley ini isodapane peta secara alami menghasilkan hasil yang sama sebagai kerangka Varignon dan meramalkan bahwa itu akan terletak sekitar 160 km di sebelah barat Monterrey, sehingga mengisyaratkan bahwa, seperti prediksi Varignon, Monterrey dekat, tetapi tidak cukup di, optimum paling-biaya lokasi.


Kurangnya kesesuaian lokasi aktual dan diprediksi tidak sulit untuk menjelaskan. The Varignon dan Weber model hanya mengambil berat dan jarak ke rekening, sedangkan harga barang juga perlu dipertimbangkan (lihat halaman 61). Selain itu, peta 'papan' Meksiko tidak memiliki gunung atau lembah-itu permukaan benar-benar halus. Juga, tidak ada jaringan transportasi di papan untuk menentukan arah apa dan atas apa jarak tanpa bentuk kendala dihasilkan oleh faktor bantuan atau transportasi.


Kennelley pergi satu langkah lebih lanjut dalam penggunaan isodapanes dan membangun sebuah set kedua, kali ini termasuk tidak hanya berat badan dan jarak tapi juga tarif angkutan. Peta yang dihasilkan ditunjukkan pada gambar. 3.7. Perhatikan bahwa dengan penambahan sederhana ini, lokasi paling-biaya (X) sekarang hampir tempat di Monterrey. Dengan kata lain, model ini sedikit direformasi Weber telah secara akurat memprediksi lokasi utama memproduksi baja pusat. Sekarang, hanya karena model dimodifikasi Weber mampu memprediksi lokasi industri baja Meksiko, itu tidak berarti bahwa semua lokasi industri baja dapat diprediksi sama. Penulis mungkin telah memilih contoh dengan hati-hati agar sesuai model.


Namun demikian, kita dapat melihat Weber bekerja pada tingkat umum jika kita mempertimbangkan lokasi produksi pig iron yang memiliki indeks material antara keramah 3 dan 4. Lokasi tersebut memang cenderung akan tertarik pada bidang bijih seperti Lorraine, Duluth (Minnesota), yang Escarpment Jurassic Timur Inggris, atau Coalfields seperti Pittsburgh, Ruhr, atau South Wales. Terlebih lagi, kualitas rendah bijih (yaitu penurunan berat badan lebih dalam proses produksi), yang greates kecenderungan untuk menarik besi membuat. Ini kontras dengan bijih kadar tinggi (misalnya utara Swedia) yang dapat menahan biaya transportasi karena bijih kehilangan berat kurang dalam process.l produksi.


Seiring waktu, bagaimanapun, teknologi dalam industri besi dan baja telah berubah. Sekali lagi, kita dapat melihat nada dari model Weber. Persyaratan batubara sekarang sepertiga dari apa yang mereka pada tahun 1908, ada juga terjadi peningkatan besar dalam penggunaan memo dalam proses pembuatan baja dan skrap sangat berlokasi di pasar. Ada, pada saat yang sama, menjadi permintaan yang semakin meningkat dari pasar-pasar, yaitu pusat-pusat kota besar dunia. Orientasi pasar industri baja telah terutama pasar di Amerika Serikat, di mana ia telah relatif 'bebas' untuk beradaptasi dengan foeces pasar tanpa campur tangan pemerintah dalam proses pasar-locational yang telah berpengalaman dalam industri baja Inggris.


Untuk studi Meksiko Kennelley itu, model Weber tidak muncul untuk menjadi sangat berguna dan untuk memahami pola lokasi industri besi dan baja. Namun demikian, penelitian untuk studi ini dilakukan pada tahun 1953 atau sebelumnya, dan sejak itu telah terjadi kecenderungan terus untuk pig iron yang akan dibuat di Monterrey dan untuk pembuatan baja untuk mengembangkan di Mexico City, dekat dengan pasokan memo dan pasar untuk baja yang paling selesai.

Model Weber dapat dianggap telah memiliki spesifik, bukan aplikasi umum. Sementara itu masih mungkin diterapkan pada skala makro-besi lainnya dan industri baja, faktor-faktor seperti bantuan pemerintah dan industri telah menyebabkan inersia baja banyak bekerja hari ini untuk menemukan jauh dari lokasi paling murah.



2. Studi Jean Taylor dari sebuah pabrik kembang api


Pertimbangkan Fig.3.8. Ini adalah peta isodapane dibangun oleh Jean Taylor di pertengahan 1970-an untuk satu pabrik, prossessing lebih dari 40 input dan empat pasar utama, yang memproduksi kembang api. Karena sejumlah besar titik yang memasok input, peta hanya dapat ditarik dengan bantuan komputer. Para isodapanes memprediksi bahwa lokasi biaya transportasi sedikit adalah di East End of London.


Lokasi sebenarnya, pada kenyataannya, di Thanet, Kent. Lokasi ini menimbulkan biaya transportasi total yang sama seperti tempat-tempat seperti Welsh pegunungan hitam, Leeds dan Balton. Hal ini jelas bahwa dalam contoh-khas dari banyak kasus lainnya-model Weber gagal untuk memprediksi mana industri sebenarnya. Itu memberitahu kita di mana seharusnya jika pengusaha berkeinginan untuk meminimalkan biaya transportasi dan hal ini mungkin berguna untuk mengetahui tentang jenis informasi yang digambarkan oleh isodapanes. Dalam contoh ini industrialis berdoa suatu L2100 tambahan per 500 freworks diproduksi.



ASSIGMENTS
1.  Gambarlah penampang A ke B pada Fig. 3.8. Para isodapenes repreesent permukaan biaya dan penampang Anda Oleh karena itu kurva biaya ruang. Kita kembali ke topik ini dalam Bab 5.
2. Pabrik kembang api tidak menemukan di lokasi biaya transportasi yang paling. Dapatkah Anda menyarankan mengapa pabrik jarang lakukan? (Hal ini dikembangkan dalam Bab 5)
3. Diagram pencar bawah (menggambar menggunakan logaritma sisik-lihat halaman 183) Menunjukkan hubungan antara pekerjaan dalam pembuatan bir dan populasi untuk kabupaten bahasa Inggris. Pelajari diagram, mengomentari hubungan yang ditunjukkan, dan dalam upaya paragraf penjelasan dalam hal Weberian.
  Fig.3.9. Diagram pencar yang menunjukkan hubungan antara penduduk kabupaten bahasa Inggris dan digunakan dalam pembuatan bir.

4. Grafik pada Gambar. 3.10 menunjukkan signifikansi perubahan yang berbeda-sentra produksi baja di Amerika Serikat sejak tahun 1900.
a) Jelaskan tren yang ditunjukkan untuk lokasi produksi baja Amerika.
b) Mencoba untuk menjelaskan tren.
c) Dalam hal Weberian, apa yang telah terjadi dengan nilai indeks materi selama periode waktu yang ditampilkan pada grafik?



D. Menilai Model Weber


Sangat mudah untuk membuktikan bahwa penafsiran literal dari model Weber tidak sesuai dengan dunia nyata, tetapi sebagai Michael Chisholm telah mencatat, 'mengkritik teori normatif karena gagal untuk menghasilkan hasil positif untuk memiringkan di kincir angin'. Namun, ini tidak berarti bahwa asumsi model tidak dapat examited karena setiap oversimplications mungkin membingungkan, daripada ennghten kami. Oleh karena itu, penting untuk bera dalam pikiran saran yang diberikan dalam pendahuluan Chorley dan Haggett yang Model terkenal di Geografi: 'harga kerja model adalah kewaspadaan kekal'.


Dalam melihat hati-hati pada model Weber, yang poin harus kami khusus diingat?

1.      Melangkah dari harga barang
Salah satu tempat model Weber yang telah paling parah diserang sebagai realistis adalah bahwa biaya transportasi meningkat secara proporsional dengan jarak dan berat dilakukan. Apa yang terjadi, pada kenyataannya, adalah bahwa harga barang cenderung 'melangkah' daripada meningkatkan progresif dengan jarak. Contoh dari barang profil laju melangkah mirip dengan yang ditemukan di Amerika Utara akan ditampilkan dalam situasi hipotetis di ara. 3.11.


2.      Variasi dalam jenis transportasi yang digunakan
Selain tarif angkut melangkah, biaya transportasi antara dua titik berbeda sesuai dengan jenis transportasi yang digunakan. Pertimbangkan biaya dalam pence per ton / km bergerak kontainer di sepanjang lembah Rhine antara Basel dan Rotterdam oleh tongkang, kereta api, jalan dan hovercraft. Fig.3.12 jelas menunjukkan bagaimana biaya bervariasi dengan mode transportasi. Dalam membangun isodapanes, sehingga jenis transportasi yang digunakan harus ditentukan.


3.      Variasi dalam jaringan transportasi dan topografi
Terlepas dari asumsi tentang biaya transportasi meningkat secara proporsional dengan jarak, dan penggunaan konsisten salah satu bentuk transportasi, Weber menganggap gerakan itu sama mudah atas semua bentuk permukaan. Kita telah melihat dari Kennelley itu studi Meksiko bahwa jaringan transportasi dan topografi jelas harus diperhitungkan dalam mencapai biaya transportasi yang sebenarnya.


4.      Adanya persaingan sempurna
Asumsi ini mungkin yang paling realistis dari semua yang dibuat oleh Weber (lihat kembali ke halaman 46 untuk definisi persaingan sempurna). Persaingan sempurna mengasumsikan bahwa permintaan adalah konstan spasial. Dengan meningkatnya biaya transportasi dari pabrik, namun, permintaan harus logis menurun jauh dari pabrik sebagai biaya transportasi mendongkrak harga produk. Ini mengasumsikan, tentu saja, bahwa itu adalah pembeli yang membayar biaya transportasi incrurred. Jadi menuntut decreses sebagai jarak dari kenaikan tanaman. Karena ketidaknyataan persaingan sempurna, mungkin lebih baik untuk memikirkan 'manusia ekonomi' (lihat halaman 47) sebagai pencari keuntungan yang maksimal, bukannya sedikit-biaya, lokasi.


5.      Pengurangan pentingnya cocts transportasi
Sedangkan di industri akhir abad kesembilan belas berat diragukan lagi dipengaruhi oleh biaya transportasi, industri modern yang jauh lebih bisa menerima pendekatan minimisasi jarak Weber. Hal ini karena biaya-transportasi landasan Weber model membuat bagian yang relatif kecil dari total biaya produksi untuk pabrik modern. Bahkan di industri biaya transportasi tertinggi proporsi dari total biaya terdiri dari biaya transportasi jarang melebihi 20% dan lebih biasanya menyumbang kurang dari 5%. Oleh karena itu model yang fokus sentral minimalisasi biaya transportasi akan muncul kurang tepat hari ini daripada abad yang lalu-terutama untuk industri 'cahaya' yang biaya transportasi account hanya propertion sangat kecil dari total biaya. Hal ini juga kemungkinan bahwa perbedaan regional dalam biaya tenaga kerja, yang akan ada di hari Weber dan diberi makna untuk isodapane kritisnya, telah jauh berkurang, meskipun tidak sepenuhnya dihilangkan (lihat halaman 53) oleh serikat pekerja nasional tenaga kerja.


Karya Weber telah ditekankan dalam bab ini karena beberapa alasan. Pertama, ia sering dikatakan sebagai pendiri teori lokasi industri modern dan tidak diragukan lagi memiliki pengaruh besar pada pekerja lain di bidang ini.

    Kedua, ia membuat eksplisit perbedaan antara bahan baku di mana-mana dan lokal dan juga membedakan berguna antara berbagai orientasi industri yang berbeda. Mengingat waktu di mana ia menulis, itu tidak benar-benar mengejutkan bahwa ada penekanan kuat pada eksploitasi bahan baku tempat khusus dan kurangnya penekanan pada footloose, industri ringan modern.
Tapi mungkin nilai Weber terbesar adalah bahwa, bahkan sampai hari ini, ia memberikan alat konseptual yang berguna untuk memahami pola lokasional yang luas dari industri seperti yang telah kami jelaskan dalam bab ini. Hal ini diperdebatkan apakah model ini juga berguna dalam memahami lokasi mengatakan, produsen mesin cuci atau dari pabrik memproduksi peralatan hi-fi meskipun, seperti yang akan kita lihat dari bab-bab yang mengikuti, beberapa geografer percaya bahwa, dengan modifikasi, yang Asumsi 'paling murah' dari model Weber masih sesuai, tetapi pada tingkat yang berbeda dari Frome skala geografis yang biasanya dibayangkan. Pada skala global perusahaan multi-nasional besar mencari lokasi murah untuk jenis kegiatan tertentu. Lokasi tenaga kerja murah, misalnya di Taiwan atau Hon Kong, dapat segera ditafsirkan melalui ide Weber tentang isodapane kritis.



E. Pendekatan Market Area: Losch


Sebuah kritik lebih lanjut sering dilontarkan terhadap Weber adalah bahwa ia menganggap permintaan datang dari hanya satu titik (yaitu pasar) dan seluruh transaksi yang dilakukan pada saat ini. Demikian juga semua penjualan akan datang dari satu tanaman produksi. Kita tahu betul bahwa dalam kenyataannya permintaan, pada kenyataannya, sppread di wilayah yang agak lebar. Menghindari segala pertimbangan faktor permintaan adalah kelalaian besar model Weber dan itu diserahkan kepada yang lain ekonom Jerman, August Losch, untuk memperbaiki keseimbangan. Kontribusi utama Losch adalah tidak dalam membantu menjelaskan lokasi produksi, yang ia mengambil seperti yang diberikan, tetapi berusaha untuk merumuskan daerah pasar yang optimal bagi perusahaan-perusahaan dalam industri yang bersaing di daerah tertentu. Ide Losch yang lebih sering ditinjau bekerja pada geografi perkotaan, karena 'daerah ekonomi' nya yang mirip dengan jaring heksagonal Christaller di seluruh tempat pusat.


Pendekatan Losch yang terbaik diilustrasikan oleh consindering daerah pasokan yang ideal dari suatu perusahaan (sesuatu yang diabaikan Weber). Dengan 'ideal' kita berarti daerah yang akan mendapatkan  keuntungan yang maksimal. Mari kita berasumsi bahwa peternakan secara teratur spasi di atas permukaan seragam. Salah satu petani memutuskan untuk memproduksi bit. Pertanyaan mendasar yang diajukan oleh Losch adalah 'seberapa besar akan kawasan perdagangan itu akhirnya menjadi?'. Dalam ara. 3.13 P merupakan titik produksi (iethe farm) dan PQ adalah harga yang petani akan mendapatkan untuk produk-rekannya di P. Ketika kita bergerak lebih jauh dari P (iealong PF axis) harga bir akan meningkat karena biaya perpindahan bir jauh bentuk pertanian atau karena biaya perjalanan ke peternakan untuk mengumpulkan. Either way, pembeli akan membayar lebih untuk itu daripada jika mereka tinggal di P. Pada F ada bir akan dijual karena harga menjadi sangat tinggi. Dengan demikian, QF mewakili kurva permintaan ruang untuk downwaard bir-miring ke kanan menunjukkan tht deand (tapi bukan harga) menurun dengan jarak. Oleh karena itu PF adalah jarak dipasok dari P. Jika sekarang kita memutar kurva permintaan througt 3600 kita memiliki apa yang dikenal sebagai kerucut permintaan, melampirkan daerah pasar disajikan dari P. QF juga mungkin describeb sebagai kurva penerimaan ruang. Dalam kata-kata, seperti yang kita bergerak lebih jauh dari P, pendapatan bagi petani secara bertahap menurun dalam jumlah.


            Sekarang jika petani lain di daerah memproduksi bir bintang, mereka akan sangat menguntungkan mampu melayani pembeli di luar wilayah perdagangan melingkar berpusat pada P  Dan dengan demikian berbagai wilayah perdagangan bersirkulasi akan tumbuh sekitar merata peternakan.

Seiring waktu daerah perdagangan mungkin tumbuh dalam ukuran karena beberapa bagian diagram jelas belum terlayani oleh salah satu distributor bir,. Dengan demikian, panggung mungkin tercapai. di mana daerah perdagangan melingkar saling menyentuh dengan daerah yang belum terlayani di antara.

Karena lingkaran baik meninggalkan ruang ubserved atau saling tumpang tindih, bentuk paling efisien kawasan perdagangan untuk situasi yang ditunjukkan pada fig.3.15 adalah bahwa dari segi enam. Dalam kasus fig.3.16 setiap bir memiliki monopoli atas wilayah perdagangan heksagonal nya.

Sementara geografi perkotaan telah heksagon-berburu selama bertahun-tahun, telah ada relatif sedikit upaya untuk mengidentifikasi heksagonal atau jenis lain dari daerah perdagangan geografi industri. Ini karena, pada kenyataannya, persaingan dengan perusahaan lain akan ada dalam kawasan perdagangan dari setiap tanaman yang diberikan, dan monopoli sehingga spasial cenderung tidak terjadi. Ini tidak berarti bahwa peta kawasan perdagangan bagi perusahaan-perusahaan tidak dapat ditarik, sebagai Fig.3.17 menunjukkan, tapi itu sangat tidak mungkin bahwa mereka akan dalam bentuk heksagonal.

Konsep kawasan perdagangan Losch telah dimasukkan di sini sebagian karena kepentingan intrinsik dan sebagian karena highligts salah satu kelalaian dari model Weber. Sementara model Weber mungkin telah tertekan lokasi paling-biaya dan perbedaan geografis dalam biaya, Losch tampaknya telah sibuk dengan memaksimalkan keuntungan dan variasi spasial dalam pendapatan. Tapi keduanya Weber dan Losch diasumsikan pengambil keputusan untuk bersikap rasional dan keduanya menghasilkan model yang 'non-operaaational' dalam arti bahwa mereka berurusan dengan sederhana, dunia abstrak dihuni oleh makhluk rasional. Namun demikian, jika mereka membantu kita memahami kekurangan dari dunia nyata, nilai mereka tidak bisa dipungkiri. Jika mereka tidak dan beberapa bukti dari bab ini menunjukkan bahwa untuk beberapa industri ini mungkin terjadi, mereka perlu diganti dengan pendekatan alternatif.

70 tahun setelah Weber menulis karya mani beberapa geografer mulai berpikir bahwa mungkin ada 'sedikit yang bisa diperoleh dari mengambil Weber sebagai titik awal'. Weber sendiri tidak akan terlalu senang dengan ini karena karyanya, dalam kata-katanya sendiri, 'diharapkan menjadi awal, bukan akhir'. Tetapi jika kita knock down 'manusia ekonomi', dengan siapa kita akan menggantikannya? Kami mencoba untuk menjawab pertanyaan ini dalam Bab 5.







 Diterjemahkan dari buku The Location of Manufacturing Industri,.

oleh: Khamdiyah







           










1 komentar:

Reno Rasiwara mengatakan...


kita juga punya nih artikel mengenai 'Industri Baja', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2009/1/Artikel_20205546.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat