Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran geografi
Dosen Pengampu : Singgih Prihadi, S.pd, M.Pd
Disusun Oleh :
ANA PANGESTI
|
Jurnal
1
Effect of Computer-Based Video Games on Children: An Experimental Study
|
Pendahuluan
|
1) Anak-anak di Amerika
Serikat tumbuh dengan menghabiskan jam setiap harinya untuk menonton
televisi, video, menggunakan komputer dan bermain video game. Anak-anak
sekarang mulai terkena tehnologi dan media pada usia yang jauh lebih muda
daripada yang diperkirakan sebelumnya. Oleh karena itu penulis ingin meneliti
tentang dampak teknologi dan media pada perkembangan anak-anak.
2) Bagian yang menarik
pada jurnal ini terletak pada cara penulis megungkapkan permasalahan. Pada
bagian pendahuluan awal dipaparkan fakta-fakta yang ada dan alasan mengapa
penulis mengangkat suatu masalah. Pada bagian akhir penulis mengungkapkan
permasalahan dalam bentuk poin. Hal ini memudahkan pembaca dalam memahami
masalah apa yang diangkat penulis.
3) Letak original pada
jurnal ini adalah terdapat Instructional
material. Pada bagian ini dijelaskan topik yang akan diangkat untuk
materi penelitian. Terdapat dua bahan materi yang berbeda yaitu intruksi
untuk pembelajaran dengan komputer dan pembelajaran dengan video game
berbasis komputer.
4) Bagaimana video game
berbasis komputer dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas belajar. Bagaimana
video game berbasis komputer dapat diintegrasikan kedalam desain
instruksional.
|
Diskusi/
Pembahasan
|
1) Hasil penelitian dibagi
menjadi empat bagian yaitu: pilian ganda, matcing, aplikasi dan total skor
post tes. Hasil pilian ganda menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap kelas eksperimen dan kontrol. Hasil matcing tidak terdapat perbedaan
yang signifikan dengan kelas kontrol. Hasil aplikasi terdapat perbedaan yang
signifikan, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi.
Hasil post tes terdapat perbedaan yang signifikan, rata-rata skor kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol.
2) Metode penelitian pada jurnal ini dijelaskan peserta
penelitian, materi instruksi dan instruksi penelitian. Pada jurnal ini
penulis menjelaskan penelitian terdiri dua kelas kontrol dan eksperimen yang
diberi perlakuan sesuai dengan instruksi materi dan instruksi penelitian.
|
Penutup
|
1) Kesimpulan pada jurnal
ini menjawab permasalahan yang terdapat pada pendahuluan yang terdiri dari
dua masalah. Kesimpulan pertama yaitu berdasarkan hasil penelitian memberikan
bukti bahwa penggunaan video game berbasis komputer dapat membantu dalam
proses pembelajaran siswa. Kesimpulan kedua dengan video game berbasis
komputer siswa dapat memperoleh manfaat dari bermain.
2) Jurnal ini memberikan kontribusi yaitu video game
berbasis komputer membatu siswa dalam pembelajaran.
3) Permasalahan yang
ditulis pada bagian pendahuluan sudah terjawab semua pada bagian penutup.
|
|
Jurnal
2
Playing to Learn: Game-Driven
Comprehension of Complex Content |
Pendahuluan
|
1) Dalam ruang kelas tradisional, bagi siswa secara umum memiliki kesulitan belajar
untuk memahami dan memecahkan masalah pelajaran dan
menyelesaikan proyek-proyek yang diberikan oleh guru. Di sisi lain guru menganggap hal tersebut sebagai proses semacam simulasi kehidupan nyata.
2) Bagian yang menarik
pada jurnal ini adalah tujuanl penulisan jurnal dicantumkan pada pendahuluan.
Tujuan karya ini adalah untuk
membuat laporan penggunaan permainan
sebagai bantuan mengajar dalam bentuk permainan instruksional.
3) Pada bagian pendahuluan
diungkapkan contoh yang semisal untuk memperjelas pembaca memahami apa yang
akan disampaikan pada jurnal tersebut.
4) Masalah yang diangkat
pada jurnal ini adalah bagaimana merancang permainan sebagai media mengajar
menjadi permainan yang instruksional.
|
Diskusi/
Pembahasan
|
1) Solusi yang ditawarkan
penulis pada jurnal ini adalah permainan disesuaikan dengan tugas rutin di
kelas. Pertama, permainan adalah perangkat yang menarik untuk meninjau konsep-konsep dalam membaca. Kedua,
permainan dapat mencapai tujuan. Ketiga, permainan merupakan proses diskusi
siswa untuk meningkatkan kepercayaan terhadap kemampuan siswa sendiri dengan
demikian dapat menyelesaikan proyek-proyek.
2) Pada bagian pembahasan
penulis menuliskan prosedur penelitian yang terdiri dari persiapan, pemberian
tugas secara individu dan kelompok, mendiskusikan game instruksional,
pelatihan game instruksional.
|
Penutup
|
1) Pada bagian penutup
menjawab permasalahan yang terdapat pada pendahuluan. Permainan instruksional
dapat mengurangi kebosanan, menciptakan suasana kompetitif yang sehat,
meningkatkan prestasi belajar dan menghasilkan ketegangan di dunia maya.
2) Kontribusi yang
diberikan melalui jurnal ini adalah Permainan instruksional bidang pendidikan
dapat diterapkan pada pendidikan formal.
3) Masalah pada bagian
pendahuluan sudah terjawab semua pada bagian penutup.
|
|
Jurnal
3
Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif
(Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 Rao)
|
Pendahuluan
|
1) Media pembelajaran game
edukasi sangat penting untuk menunjang pembelajaran terhadap siswa, terutama
yang berhubungan pada mata pelajaran hafalan yaitu geografi. Selama ini media
pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan guru mengajar menggunakan
metode konvensional, sehingga proses pembelajaran yang tidak efektif ini
dapat ditanggulangi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.
2) Metode perancangan yang
dimulai dari perancangan blok diagram sistem dan perancangan flowchart sistem.
3) Metode perancangan
aplikasi Game Edukasi terdiri dari consept,
design, material collecting, assembly, testing dan, distribution.
4) Bagaimana merancang game edukasi untuk menunjang media pembelajaran
di sekolah. Bagaimana menyajikan game edukasi secara interaktif. Bagaimana
mempermudah proses pembelajaran pada mata pelajaran geografi.
|
Diskusi/
Pembahasan
|
1) Hasil rancangan tampilan merupakan
rancangan aplikasi game edukasi. Tampilan rancangan inilah yang
merealisasikan terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Hasil rancangan
tampilan terdiri dari halaman intro awal, halaman intro akhir, halaman menu
utama, halaman standar, halaman game level 1, halaman level 2, halaman level
3, halaman materi, halaman bantuan dan halaman evaluasi.
2) Metode perancangan dimulai dari
perancangan blok diagram sistem dan perancangan flowchart sistem. Perancangan sistem aplikasi game edukasi dimulai dari aplikasi game,
kemudian tampilan Intro, tampilan ini merupakan layar yang ditampilkan
beberapa saat sebelum tampilan menu utama dikeluarkan. Dimana pada tampilan
menu utama terdapat pilihan submenu dari menu utama tersebut yaitu, standar
kompetensi, game, materi, bantuan, evaluasi dan keluar. Pada flowchart, terdapat 6 pilihan submenu
utama yaitu standar kompetensi, game, materi, bantuan, evaluasi dan keluar.
|
Penutup
|
1) Bagian kesimpulan sudah menjawab
permasalahan yang tertulis di pendahuluan. Perancangan game edukasi dilakukan untuk menunjang media
pembelajaran di sekolah dengan cara belajar simulasi melalui game edukasi. Game edukasi dirancang
dengan dengan unsur media yang terdiri dari teks, grafis, animasi, dan suara
yang disajikan secara interaktif. Game edukasi merupakan alternatif dan inovasi baru untuk
mempermudah proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS bidang kajian Geografi
Regional.
2) Jurnal ini memberikan kontribusi game edukasi sebagai alternatif dan inovasi baru untuk
mempermudah proses belajar siswa pada
mata pelajaran IPS bidang kajian Geografi Regional.
3) Masalah sudah terjawa atau terselesaikan semua. Pada pendahuluan
penulis tiga permasalahan dijawab semua pada bagian penutup atau kesimpulan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar