Rabu, 11 Desember 2013

Guru Baik, Efektif dan Profesional


(merangkum dari beberapa jurnal internasional)
Guru yang baik dapat didefinisikan sebagai guru yang membantu siswa untuk belajar. Guru mempunyai cara yang berbeda-beda dalam membantu siswa untuk belajar. Cara tersebut dikenal dengan strategi. Strategi yang yang berpusat pada guru lebih berfokus sebagai penyampai informasi. Sedangkan strategi yang berpusat pada siswa lebih kepada perubahan dalam belajar siswa untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan dengan cara yang efektif.
Peran guru yang baik adalah guru yang ikut terlibat berkontribusi terhadap perkembangan yang terjadi pada pendidikan. Secara umum peran guru bertanggung jawab atas rincian perencanaan kurikulum, isi program pengajaran dan strategi pendidikan.
Tugas guru yang utama adalah sebagai penyampai informasi, namun tidak kalah penting selain sebagai penyampai informasi guru hendaknya berperan sebagai panutan terkhusus bagi siswanya, sebagai fasilitator, sebagaai penilai, sebagai perencana dan sebagai pengembang sumber daya.
Seorang guru dapat dikatakan sebagai guru yang efektif apabila guru tersebut mempunyai kualitas. Kualitas guru mencangkup aspek afektif, perilaku dan kognitif. Guru yang berkualitas akan mampu memberikan pengaruh positif atau berkualitas pada siswa.
Total efektivitas guru melibatkan guru dan siswa. Efektifitas guru harus melibatkan aspek perilaku, afektif dan kognitif dari semua guru dan siswa. Dalam proses belajar mengajar melibakan kompetensi guru, kinerja guru, pengalaman siswa dan hasil belajar siswa. Kompetensi guru meliputi kompetensi perilaku, afektif dan kognitif. Kinerja guru adalah kinerja total guru yang merupakan kualitas dinamis guru dalam proses pengajaran. Kualitas kinerja guru berhubungan secara positif dengan kompetensi guru. Antara kompetensi guru dan kinerja guru dipengaruhi oleh pengajaran eksternal misalnya faktor organisasi, kepemimpinan, lingkunggan sekilah dan lain-lain.  Pengalaman siswa merupakan pengalaman belajar total siswa dilihat dari aspek perilaku, afektif dan kognitif.
Profesional guru dapat dibentuk dan dikembangkan, karena profesional tidak terbentuk sejak lahir. Sehingga guru yang belum profesional mempunyai kesempatan yang sama untuk membentuk dan mengembangkan sikap profesional seorang guru. Pengembangan profesional berhubungan dengan kinerja tinggi yang selalu terfokus dan melayani strategi jangka panjang yang terencana dengan baik. Supaya efektif dalam pengembangan profesional harus didasarkan pada strategi kurikuler dan instruksional yang tinggi. Selain itu profesional harus (1) memperdalam pengetahuan guru mata pelajaran yang diajarkan, (2) meningkatkan kemampuan mengajar dikelas, (3) mengikuti perkembangan bidang individu dan pendidikan umum, (4) menghasilkan dan menyuumbangkan pengetahuan baru ke profesi dan (5) meningkatkan kemampuan untuk memonitor pekerjaan siswa, dalam rangka memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa dan tepat mengarahkan mengajar.
Yang paling utama dalam pengembangan profesional harus fokus pada strategi instruksional yang terbukti mempengaruhi kinerja siswa. Selain itu, pengembangan profesional harus disampaikan dengan menggunakan strategi-strategi yang membawa pada proses pengembangan profesional.
Karakteristik guru profesional antara lain:
Ø  Mendalami pengetahuan guru tentang mata pelajaran
Ø  Mempertajam ketrampilan kelas
Ø  Mengikuti perkembangan materi pelajaran dan pendidikan secara umum
Ø  Berkontribusi pengetahuan baru untuk profesi
Ø Meningkatkan kemampuan untuk memonitor pekerjaan siswa
Ø Pusat pada materi pelajaran, kelemahan pedagogis dalam organisasi, pengukuran kinerja siswa dan penyelidikan mengenai pertanyaan profesional yang relevan secara lokal
Ø Mendukung interaksi antara guru-guru
Ø Memberikan kesempatan pada guru-guru untuk mencoba hal baru dan menerima umpan balik dari teman-teman guru.
Ø Berlangsung dalam waktu yang lama
DAFTAR PUSTAKA:
Harden dan Crosby. 2000. AMEE Guide No 20: The good teacher is more than a
lecturerÐ the twelve roles of the teacher.
Carvax Publishing.Vol 22.No 4

Rubio, Chelo Moreno. 2009. EFFECTIVE TEACHERS –PROFESSIONAL AND
            PERSONALSKILLS
.
ENSAYOS. Nº24,2009,(35-46)

Sandra.2003.Teacher Professional Development: It’s Not an Event, It’s a Process.
           
CORD

Yin-cheong,CHENG. Wai-ming,TAM. dan Kwok-tung, TSUI. 2002. New
            Conceptions of Teacher Effectiveness and Teacher Education in the New
            Century.
Hong  Kong Teachers’ Centre Journal.Vol. 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar