Rabu, 22 Mei 2013

INDUSTRI DI DAERAH PERKOTAAN



PENDAHULUAN

Sejauh ini kita telah melihat lokasi industri di tingkat/skala nasional. Sekarang saatnya untuk mengalihkan perhatian kita ke tingkat lokal dan melihat lokasi industri di daerah perkotaan. Konsep Skala geografi mengingatkan kita bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi lokasi industri utama di tingkat/skala nasional mungkin berbeda dari yang mempengaruhi lokasi industri dalam kota. Dalam mencari generalisasi yang jelas tentang lokasi intra-urban industri bab ini menerapkan model seperti Weber, margin spasial, hubungan, dan konsep perencanaan pada tingkat yang berbeda dari skala yang telah diterapkan sejauh ini. Di samping itu, bab ini juga menyediakan beberapa teknik kuantitatif sederhana untuk digunakan pada beberapa sumber data yang disebutkan dalam Bab 1.

      A.      MODEL PENGGUNAAN LAHAN INDUSTRI PERKOTAAN

Tanah untuk pembuatan pabrik/industri  jarang melebihi 10% dari semua penggunaan lahan perkotaan tetapi jelas sangat penting sebagai fokus untuk kerja dan transportasi. Industri manufaktur, seperti layanan perdagangan dan industri ekstraktif, memberikan alasan bagi banyak daerah perkotaan saat ini. Sejumlah pabrik memanfaatkan bahan baku yang tersedia secara lokal atau pasokan listrik yang dihasilkan inti perkotaan yang saling bersatu untuk  terus membangun daerah perkotaan. Pada abad kesembilan belas, daerah  industri berat berkembang dengan cara ini, karena keterbatarasan teknologi dan waktu, para pekerja harus tinggal di dekat tempat mereka bekerja. Contoh pembangunan seperti terlihat pada Gambar. 8.1 yang mengilustrasikan lokasi bekas besi bekerja di Merthyr Tydfil. Rumah pekerja berada di daerah industri yang dikembangkan di sekitar tempat kerja masing-masing sampai daerah perkotaan yang secara bertahap muncul terus-menerus.
Hal ini penting untuk disadari, bagaimanapun, bahwa bahkan jika bahan baku lokal atau sumber energi tidak ada, kita harus mencari lokasi industri yang tersebar di seluruh daerah perkotaan.  Apakah  faktor-faktor yang menyebabkan industri saat ini ditempatkan di beberapa bagian kota-kota dan tidak pada daerah lain? Apakah kota menggambarkan pola berulang lokasi industri?
Sejumlah model struktur perkotaan yang menampilkan kota baik sebagai rangkaian lingkaran konsentris, sektor atau beberapa inti. Model ini dibahas secara rinci dalam buku Kerangka Konseptual dalam seri Geografi, The Geography of Settlement oleh Daniel dan Hopkinson. Model ini cenderung untuk menyajikan penggunaan lahan industri yang ditemukan dalam satu atau dua bagian kota. Mereka prihatin dengan daerah industri dibandingkan dengan lokasi industri yang berbeda. Hal ini terjadi bahwa tidak ada model klasik struktur perkotaan sangat memuaskan sebagai ringkasan penggunaan lahan intra-urban industri. Pemeriksaan Gambar. 8.2 dan 8.3 menunjukkan bahwa penggunaan lahan industri tersebar di dua daerah perkotaan yang dipilih, tidak ditemukan terkonsentrasi di sebuah sektor/bagian saja. Pola penggunaan lahan industri sangat sulit untuk menggeneralisasi  semua penggunaan lahan, sebab penggunaan lahan industri variasi terbesar dalam pola antara kota-kota yang berbeda.
Alih-alih mempertimbangkan penggunaan lahan seperti  gabungan yang akan kita lihat upaya untuk menjelaskan lokasi dari berbagai jenis industri di kota. Sebuah model yang mengawali  adalah model yang dirumuskan oleh ekonom Walter Isard, yang secara sederhana menggambarkan Model penggunaan lahan perkotaan sebagai 'salah satu dari banyak kemungkinan buatan dari (1) intuisi, (2) logika dan prinsip-prinsip analitik yang berkaitan dengan interaksi kekuatan umum yang mengatur penggunaan lahan, dan (3) fakta. Ini bukan derivasi teoritis ketat. Daerah perkotaan digambarkan mengandung empat kawasan industri yang sangat berbeda dalam hal ukuran. (lihat Gambar. 8.4).
Setiap kabupaten memiliki produsen yang memproduksi aneka item atau menggunakan bahan yang ditemukan di mana-mana (yaitu bahan yang ada di mana-mana). Semua produsen komoditas lainnya terkonsentrasi di salah satu dari empat bidang industri, sehingga masing-masing dapat mengambil manfaat dari apa yang disebut 'ekonomi lokalisasi' - penghematan biaya dari yang berlokasi dekat perusahaan dalam industri yang sama. Isard memperkenalkan konsep yang berguna yakni ekonomi lokalisasi yang membedakan beberapa industri yang ditemukan di seluruh tempat penggunaan bahan baku yang ada di mana-mana. Sementara dalam beberapa hal pendekatan Isard kurang membantu , misalnya, tidak ada industri termasuk di dekat CBD. Selain itu, industri diwakili ditunjukkan untuk berada di wedges diskrit antara area kantor padat dan pembangunan komersial. Padahal kita sudah mencatat bahwa dalam kebanyakan industri kota ditemukan penggunaan lahan lainnya. Akhirnya, industri muncul dan berlokasi di distrik individu atau di -mana-mana, tanpa pola perantara antara dua ekstrem. 

     B.      INTRA LOKASI INDUSTRI PERKOTAAN : PENDEKATAN MARGIN SPASIAL

Pada bagian ini,  akan dijelaskan penerapan beberapa model yang dibahas dalam bab-bab sebelumnya untuk lokasi industri pada skala intra-urban. Kita melihat bahwa model Weber, industri linkage, pendekatan margin spasial dan pengaruh pemerintah, dan perilaku manusia. Semua harus memahami berbagai jenis perbadaan dari lokasi industri pada skala geografi yang berbeda.

1.       Di tepi pantai: Jenis lokasi- Weber
Sebuah industri seperti penyulingan minyak atau pembuatan baja mungkin semakin berorientasi pasar pada skala global (lihat halaman 58), tetapi pada skala intra-urban industri seperti hampir selalu terletak sesuai dengan prinsip-prinsip model Weber dan berorientasi materi . Pada skala intra-urban industri ini "ditarik" ke 'sumber' bahan baku, yaitu tepi pantai. Ini adalah titik di mana bahan baku dibongkar. Situs Waterfront dikenal sebagai istirahat lokasi massal sejak bahan baku direduksi menjadi bentuk yang lebih mudah diangkut, sehingga meminimalkan biaya transportasi. Istirahat lokasi massal merupakan biaya transportasi setidaknya sejak biaya tambahan juga akan terjadi jika barang dipindahkan dari satu mode transportasi yang lain. Contoh lain dari industri yang berorientasi tepi meliputi penggilingan tepung terigu, pembuatan tali, tebu penyulingan dan produksi minyak nabati. Pada pertengahan enam puluhan, panjang pendek Sungai Thames antara Rotherhithe dan Blackwall Terowongan menampung industri berikut: (a) minyak, aspal dan tar, (b) bahan kimia, sabun dan cat, (c) logam, pengecoran dan rekayasa, (d) kabel listrik, (e) karet dan getah perca, (f) produksi aneka makanan, termasuk fppds hewan, (g) gula, (h) pembuatan bir dan pembotolan, (i) kayu, (j) penggilingan tepung terigu, (k ) perusahaan kecil aneka terlibat dalam kegiatan seperti pencetakan dan pembuatan kaca.

2.       Industri berlokasi
Pendekatan margin spasial berguna dalam memahami mengapa industri tertentu di kota abad kedua puluh lebih memilih situs berlokasi. Gambar 8.5 menggambarkan kasus industri spasial margin untuk membentuk profitabilitas cincin sekitar CBD-agak mirip kasus model cincin konsentris tapi tiba di dengan cara lain.Hal tersebut tidak dapat beroperasi pada keuntungan yang sangat jauh dari pusat kota. Untuk industri seperti pakaian, percetakan, fruniture, dan perhiasan, biaya yang rendah berada di sekitar CBD karena beberapa alasan:

(i)                  industri secara tradisional beroperasi dalam unit kecil yang memiliki hubungan penting dengan satu sama lain. Pengakuan bahwa dua industri terkait mungkin juga menempati jalan yang sama, menyebabkan perkembangan industri secara khusus 'tempat tinggal' di banyak kota-kota industri. penjajaran kegiatan ini membuat biaya turun. Tempat tinggal berevolusi mana industrialis membutuhkan kontak dekat satu sama lain 'segerombolan' di banyak perusahaan skala kecil. Asal tempat tinggal tersebut hampir hilang dalam sejarah, mereka berevolusi pada saat tempat kerja memiliki kebutuhan, agar mudah diakses ke tempat tinggal, mereka berlokasi di sekitar apa yang secara tradisional menjadi bagian yang paling mudah diakses dari kota - CBD.
(ii)                situs di pusat kota biasanya kuno (lihat Gambar 8.1) dan kecil dengan harga sewa yang rendah.
(iii)               pusat kota yang paling mudah diakses untuk tenaga kerja dan juga titik paling mudah diakses dari pusat kota. Industri penjahitan London dipesan lebih dahulu secara tradisional yang terletak di jalan-jalan seperti Saville Row dengan akses ke pusat fashion.
Berbeda dengan kurva biaya ruang berbentuk U, kurva penerimaan jatuh tajam dari CBD karena penjualan terutama ke perusahaan negara tetangga atau pelanggan di pusat kota. Ini juga mungkin bahwa suburbanisasi industri (lihat halaman 197-204) margin spasial bagi bekas pekerja berorientasi CBD menjadi lebih luas.
Tipe kedua dari in`dustri dalam kota adalah salah satu dimana pasar terdapat di seluruh kota. Toko Roti, pabrik dan koran secara tradisional jatuh ke dalam kategori ini. Gambar 8.6 menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus industri manufaktur sebenarnya ditemukan di dalam CBD. Mereka sering dikaitkan dengan fungsi grosir dan memberikan pelayana terbaik di daerah mereka. Pabrik tersebut seringkali jauh lebih besar daripada kebanyakan pabrik lain di daerah pusat dan hubungannya tidak diragukan lagi.
Perusahaan industri dalam kota biasanya lebih kecil dibandingkan di pinggiran kota. Mengapa ini harus demikian? Kami telah mencatat rencana kecil sering disusun bersama-sama melalui ekonomi lokalisasi. Selain itu, rencana yang lebih kecil dapat lebih mudah memanfaatkan unit pabrik kecil di bangunan yang dikonversi atau bertingkat. Selanjutnya, nilai tanah lebih tinggi dekat CBD akan mencegah pabrik-pabrik yang membutuhkan ruang dalam jumlah besar. Penelitian Dr JE Martin telah mengungkapkan bahwa di lokasi pada pertengahan lima puluhan, tenaga kerja di London di pabrik-pabrik kecil dan lokakarya mempekerjakan pekerja di bawah 20 hanya terkonsentrasi di ujung barat dan ujung timur di sekitar kota. Gambar. 8.7. tergambar jelas saat ini. (unit areal kartografi untuk menggambarkan kepadatan kerja).
Komentar umum kedua tentang industri dalam kota adalah hal itu tidak direncanakan. Pabrik di pusat kota 'hanya tumbuh'. Namun masa depan mereka dalam bahaya, karena sebagai daerah pusat kota yang dibangun kembali, industri tersebut adalah beberapa industri kecil. Namun, dalam kenyataan bahwa beberapa pemerintah daerah (misalnya di Birmingham dan Inner London) telah mendirikan 'pabrik flatted' dekat daerah pusat sehingga bentuk kontak dapat dipertahankan. (Lihat plate 8.1).
Karakter industri dalam kota diringkas dalam dua kutipan. Yang pertama adalah tentang pusat kota Birmingham dan ditulis oleh HB rogers:
        Pusat kota didominasi oleh sejumlah perusahaan kecil, sebagian besar berkaitan dengan produk dan proses tradisional. . . Pola perempat industri dengan spesialisasi yang kuat telah berkembang dari pertengahan abad sembilan puluan, pistol dan perhiasan perdagangan yang dominan di utara pusat kota, industri kuningan untuk perdagangan logam barat daya dan dicampur ke tenggara. Luar biasa dari berbagai kerja logam ringan telah ditambahkan ke kepentingan-kepentingan secara tradisional. . . Hal ini terkait dengan perpaduan perumahan yang erat dan membungkus pusat kota dalam pembangunan lanjutan.
Peter Hall telah menangkap inti industri London:
        Ini adalah dunia industri mandiri, di mana setiap perusahaan menemukan sekitar beberapa sudut lusin pemasok, setengah lusin pekerja terampil, skor pasar, dan menghubungkan mereka semua dalam jaringan di mana-mana. Bagaimana itu bisa dibayangkan berada di tempat lain? (Lihat plate 8.1).
Lokasi yang diperkenalkan pada halaman 126 juga dapat diterapkan pada skala intra-urban untuk menetapkan sejauh mana industri tertentu terlokalisir dari wilayah perkotaan. Pada skala ini, kita mengubah kalimat dari rumus, sebagai berikut:
Jumlah pekerja industri I di daerah X sebagai persentase dari total kota dalam industri tersebut.
jumlah pekerja di semua industri di daerah X sebagai persentase dari jumlah tenaga kerja di kota.
Sebuah hasil bagi lebih dari 1,0 menunjukkan bahwa industri ini lebih terlokalisasi di daerah kota.

3.       Industri Suburban
Namun di sisi lain, banyak industri berlokasi di pinggiran kota. Logikanya, ini akan membeli sebagian besar masukan mereka dan menjual sebagian besar produk mereka di luar kota. Banyak tanaman ini juga akan membutuhkan lahan yang luas yang hanya tersedia di pinggir kota. Dalam hal marjin spasial, kelompok industri diwakili oleh Gambar. 8.9.
Biaya transportasi dan komunikasi untuk perusahaan-perusahaan tersebut diminimalkan, yang dekat dengan fasilitas transportasi seperti jalan tol,akses poin, terminal kontainer dan, bandara. Ini selalu terletak di pinggiran kota. Kurva penerimaan, di sisi lain, tidak berbeda dalam wilayah perkotaan karena skala nasional bukan lokal, dan industri berorientasi pasar. (geograf amerika, Alan Pred, telah menyarankan bahwa industri itu cenderung terletak di wilayah perkotaan yang terlihat menuju pasar regional atau nasional, tetapi dalam konteks hipotesis inggris, hal itu masih belum teruji).
Lokasi pinggiran kota untuk industri mungkin diinginkan, beberapa industri yang berasal dekat CBD daripada yang diinginkan saat ini, tapi karena mungkin ada sejumlah besar investasi dalam situs tersebut mereka tidak dapat dengan mudah membatalkan dan industri tetap pada lokasi aslinya melalui kekuatan inersia, misalnya, abad sembilan puluhan, industri kimia suburban dapat terbagi menjadi beberapa kategori:
(a)               industri pengolahan dasar besar : banyak industri (misalnya manufaktur kimia, industri metalurgi) mencemari suara, berbahaya dan mencemari atmosfer, keinginan lokasi di pinggiran kota karena mereka menginginkan ruang yang besar.
(b)               Industri berbasis komunikasi : dicirikan oleh kelompok industri di sepanjang jalur komunikasi di kota. Seperti lokasi yang biasa dikembangkan pada tahun 1920 dan 1930-an pada saat itu transportasi jalan telah meningkat pesat. Mengupas perkembangan industri, mencerminkan pasar nasional yang cenderung untuk memberi pelayanan. Misalnya, daerah industri utama nortwest London yang membentang sepanjang jalan Edgware, jalan di barat, jalan besar di barat, dan jalan lingkar utara.
Selain lebih jelas faktor lokasi seperti tanah yang murah dan akses jalan, daerah tersebut mampu memanfaatkan tenaga kerja laki-laki dan wanita pinggiran kota. Juga, beberapa situs yang tersedia untuk konversi menjadi perkebunan Industri (lihat halaman 169) seperti, di London, Taman Kerajaan sebelah lingkar utara dan jalan di barat yang semula menjadi dasar Pertanian kerajaan. Di taman Wemberly, bangunan untuk Pameran kerajaan besar dua puluhan dengan mudah dikonversi dandijadikan pabrik setelah pameran usai. Jenis-jenis industri yang menduduki pabrik tersebut ditandai dengan keragaman ekstrim. Di sebelah barat laut London, misalnya, seperti terkenal perusahaan nasional Guinness, Heinz, Walls, McVitie & Harga dan Hoover memiliki pabrik-pabrik besar.
Jenis kawasan industri pinggiran kota dijelaskan di atas kini sering terendam pertumbuhan perkotaan yang telah terjadi sejak pembangunan pabrik tersebut dimulai dan tidak bisa disebut pinggiran kota.

4.       Industri yang Terletak Secara Acak
Selain pantai, pusat, dan pinggiran kota industri, kita dapat menemukan pabrik di kota yang pola distribusi nya digambarkan secara acak. Keacakan dapat pula untuk  menjelaskan pola lokasi kegiatan dan bukan proses yang memunculkan pola itu. Pasar tanaman tersebut meluas ke bagian atau keseluruhan dari konurbasi 'tetapi dengan biaya akses ke berbagai pemasok inti pusat baik tidak signifikan atau invarian dengan ruang'. Dalam situasi seperti dalam pola desentralisasi pola acak mungkin dapat membantu. Di kota besar kelompok industri dapat dicontohkan oleh es krim atau pembuatan produksi surat kabar lokal. Kurva biaya ruang untuk jenis kegiatan ditunjukkan pada Gambar. 8.10.

           C.      Variasi Intra-Perkotaan di Linkage

Sekarang perlu menghubungkan ide linkage, yang dibahas dalam Bab 4, ke lokasi industri di kota-kota. Daerah metropolitan menyediakan berbagai keuntungan bagi banyak perusahaan yang dapat katalog di bawah judul umum ekonomi urbanisasi. Perusahaan, mencari perusahaan lain yang dapat menyediakan layanan bagi mereka baik komponen atau hanya saran. Industrialis di semua jenis dan ukuran memberi manfaat bagi negara tersebut, namun logika dan beberapa bukti empiris menunjukkan bahwa beberapa produsen mendapatkan keuntungan dari hubungan metropolitan. Perusahaan kecil, misalnya, mungkin diharapkan untuk memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan oleh sebuah kota besar untuk tingkat yang lebih besar. Perusahaan yang terakhir ini mampu menginternalisasikan ekonomi yang lebih kecil tergantung pada orang lain dalam komunitas metropolitan. Generalisasi lain yang bisa kita membuat tentang keterkaitan antara metropolis adalah bahwa perusahaan di pinggir kota memiliki sedikit hubungan dengan kota daripada di pusat kota.
Dalam babini tidak hanya dijelaskan metropolis menyediakan link, tapi juga menyediakan pasar yang luas untuk produk jadi dari banyak perusahaan. Dengan demikian ketersediaan barang menjadi kota input dan link output yang membuatnya lokasi yang menarik untuk industri, lokasi yang bisa setidaknya sebagian dapat dijelaskan oleh hubungan industri.

TUGAS
Pertimbangkan hipotesis berikut dan kemudian melihat Tabel 8.1. yang menunjukkan persentase total keterkaitan (dalam hal pembelian dan penjualan) ke daerah Montreal metropolitan perusahaan sampel dengan ukuran yang berbeda yang terletak di pusat, pinggiran kota dan di pinggiran wilayah kota.
HIPOTESIS
(a)           kekuatan hubungan dengan metropolis berbanding terbalik dengan ukuran pendirian industri.
(b)           pendirian industri dekat pusat lebih tergantung pada hubungan metropolitan daripada yang di pinggiran.
(c)            untuk setiap kategori ukuran terjadi penurunan kekuatan total secara total berkaitan dengan ekonomi metropolitan.

Apakah hipotesis ini diverifikasi oleh data dalam tabel 8.1.?
Hal ini sangat penting untuk diingat bahwa bukti satu kota tidak mencukupi baik penerimaan atau penolakan terhadap hipotesis. Penelitian hanya akan mendorong lebih banyak hipotesis terhadap status model tersebut.
Setelah mempelajari tabel dan dianggap sesuai hipotesis, ilustrasi tentang variasi spasial ada dalam tabel 8.1.

      D.      Pertimbangan Perilaku dan Masyarakat di Kota

Pada skala intra-urban penerapan model margin spasial menunjukkan bahwa faktor perilaku sangat penting dalam menjelaskan persis di mana, dalam magins, tanaman akan diletakkan. Ini memang kasus dan di banyak kota, terutama jika mereka tidak terlalu besar, satu lokasi mungkin sebagus yang lain. Yang sama pentingnya dalam menjelaskan lokasi yang tepat dari industri di daerah perkotaan, bagaimanapun, adalah peran perencana dan pengembang lahan dan itu adalah untuk peran mereka bahwa kita secara singkat mengalihkan perhatian kita.

Perencanaan di kota

Sama seperti industri yang berskala nasional, mereka tidak bebas menentuka lokasi (lihat bab 7), demikian juga pada skala lokal kebebasan pilihan mereka dibatasi oleh peraturan perencanaan lokal. Sejak 1947,Kota dan Negara membuat Perencanaan UU dimana pemerintah daerah harus menunjukkan lahan yang dikategorikan untuk industri. Dengan demikian, di pusat kota kurva biaya ruang menjadi jauh curam seperti tanah di sana sama sekali tidak dikategorikan untuk keperluan industri. Di pusat-pusat kota pemilik tanah bisa mendapatkan penghasilan sewa lebih jika mereka mengembangkan lahan untuk kantor bukan hanya untuk rumah industri manufaktur. Telah diperkirakan bahwa di pusat kota London pendapatan kotor tahunan dari sewa kantor di pusat kota adalah 60 kali lebih besar daripada yang akan diperoleh dari pabrik, per satuan luas lahan. Lahan mungkin tetap berkembang atau mungkin pengembang kawasan industri memutuskan untuk membangun pabrik di sana.
Kawasan industri adalah istilah yang mencakup banyak variasi dan dapat digunakan oleh kurang dari pengembang properti teliti sebagai "semantik gimmick" untuk mempromosikan lahan industri. Secara umum, sebuah kawasan industri merupakan kelompok yang terorganisir dari pendirian industri yang disediakan dengan layanan umum tertentu untuk memajukan permintaan, itu didirikan sebagai hasil dari perusahaan dan perencanaan oleh organisasi independen perusahaan,serta menampung industri yang telah pindah dari daerah pusat kota. Kawasan industri sering menarik sebagai "inkubator industri" di mana pengusaha kecil dapat menyewa ruang pabrik yang disediakan oleh pengembang yang dapat menghemat waktu dan uang.
Kawasan industri cenderung rumah memiliki penghuni beragam, industri manufaktur sering menempati situs samping komponen lain dari "paket manufaktur" seperti gudang atau depot penyimpanan. Sebagai contoh. Tabel 8.2 menggambarkan keragaman pendirian industri ditemukan di Pontygwindy kawasan industri di Chaerphilly, South Wales. Termasuk di perkebunan adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan segala sesuatu dari alat musik untuk instrumen bedah dan dari komponen baja untuk rotary garis pakaian.
Kawasan industri pertama di Inggris dikembangkan menjelang akhir abad kesembilan belas. Yang paling sukses dari perkebunan awal adalah di Trafford Park, Manchester (dekat lapangan sepak bola Manchester United). Trafford Park memang berisi beberapa industri berat seperti lampu prototipe. Kawasan industri diatur setelah Perang Dunia Pertama. Peningkatan mobilitas yang ditandai perang antar-tahun menyebabkan proliferasi lahan industri untuk meningkatkan jarak dari pusat kota. Kami telah mencatat bahwa pembangunan tersebut terjadi di pinggiran kota London pada periode ini (halaman 165). Literatur promosi dari periode ini menekankan akses ke jalan arteri, hal tersebut menekankan akses jalan tol (lihat Gambar 8.13.).
Sebagian besar pengembang sebelum tahun 1936 adalah perusahaan swasta, tapi keberhasilan mereka sebagai agen pertumbuhan industri mendorong pemerintah untuk mendirikan perkebunan besar di Hillington (Glasgow), Team Valley (Gateshead) dan treforest (pontypridd)  untuk memikat industri ke daerah yang terdapat banyak  pengangguran (lihat Bab 7). Pada saat yang sama semakin banyak pemerintah daerah mengembangkan perkebunan - contoh-contoh awal menjadi Liverpool dan manchester. Periode pasca perang telah melihat proliferasi kawasan industri oleh pengembang swasta, pemerintah dan daerah, dan total pasokan lahan industri telah dilengkapi dengan kegiatan Perkembangan Kota Baru Korporasi. Hari ini hampir setiap kota memiliki kawasan industri bermacam-macam. Keberhasilan bentuk pembangunan ini menunjukkan pengusaha yang menginginkan lebih dari sekedar situs lapangan hijau. Sebuah pengembang menyatakan operasi "paket" dapat menyimpan pekerja yang tidak nyaman dengan menyediakan situs dalam bentuk setengah jadi. Hubungan antara kerja dan tempat tinggal akhirnya terputus dan hari ini kawasan industri dapat berfungsi sama baiknya di lingkungan bekas perkotaan atau pedesaan.
Meskipun bagian ini telah menekankan sifat pinggiran kota atau perangkat kawasan industri, itu tidak berarti bahwa sebagai kota dan daerah tepi yang dikembangkan dapat diambil alih dan dikembangkan sebagai kawasan industri kecil. Ini terutama berlaku di Glasgow di mana penyediaan perkembangan tersebut telah membantu dalam membatasi  bangsal migrasi pinggiran kerja manufaktur - masalah yang kita bahas dalam Bab 10 tentang gerak industrial.

      E.       Sebuah Model Ringkasan

Pembahasan di atas digambarkan dalam Gambar. 8.11. diagram yang merupakan lokasi industri dalam (sekitar 500.000) wilayah urban besar. Beberapa elemen dari model akan berlaku untuk kota-kota kecil, tetapi tidak mungkin bahwa tempat-tempat kecil akan berisi seperti keragaman industri atau daerah industri sebagai metropolis. Tentu saja, industri waterfront akan hilang dari beberapa kota meskipun pusat pedalaman di sungai (misalnya Norwich) mengandung sejumlah besar industri di tepi.

      F.       Industri di Kota; Masa Depan

Tempat kerja dan tempat tinggal semakin menjadi pola yang terpisah, apa yang kita harapkan untuk menemukan lokasi intra-urban industri di kota-kota masa depan? Kota-kota baru memberikan beberapa petunjuk menarik dalam arah. gambar 8.14 merupakan model umum dari perkembangan perkotaan Inggris dan hubungan antara lokasi industri dan perumahan.
Kota tradisional (A) memiliki kawasan industri dengan beberapa pembangunan pinggiran kota yang baru. Setelah perang dunia kedua, sebagaimana telah dicatat, tanah dikategorikan untuk industri. Namun, perencanaan lokasi industri intra-urban telah dilakukan sebelum kasus kota baru yang telah berkembang dari kota-kota taman Letchworth dan taman kota Welwyn karena tindakan itu baru dilakukan tahun 1946.
Generasi pertama dari kota-kota baru (B) memiliki satu kawasan industri besar di sekitar mereka. Ini menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas akibat industri yang terkonsentrasi di wilayah perkotaan.
Pola Cumbernauld (C) memiliki dua kawasan industri. Ini mengurangi jumlah kemacetan lalu lintas pada satu titik di daerah perkotaan dan diambil tahap lebih jauh dalam rencana untuk Kait New Town (D).
Dalam final Runcorn (E) disarankan untuk melakukan penyebaran yang lebih besar. Memang, karena industri menjadi kurang berbahaya dan ofensif sebab untuk meningkatkan  standar desain pabrik, rumah dan tempat kerja menjadi satu. Roda itu telah berubah lingkaran penuh.

disusun oleh temenku geografi 2012 UNS,..
makasih ya soft copynya,.. :)

dirangkum dan diterjemahkan dari buku Second Edition The Location of Manufacturing Industry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar